Home / Wanita / Kehamilan / 9 Ciri – Ciri Wanita Hamil yang Perlu Anda Ketahui

9 Ciri – Ciri Wanita Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang menginginkan seorang bayi, mengalami mual dan dan terlambat haid bukan hanya ciri-ciri wanita hamil, masih banyak beberapa ciri lain yang menandakan bahwa wanita tersebut sedang hamil. Sebagai wanita atau wanita yang sudah menikah, tidak mempunyai anak tentu menjadi beban tersendiri, maka banyak pasangan yang mencoba berbagai cara untuk mendapatkan keturunan.

Ketika seorang Anda mendapatkan ciri-ciri seperti seorang wanita yang sedang hamil, sebaiknya jangan langsung diasumsikan bahwa Anda sedang hamil, karena beberapa ciri-ciri kehamilan, mirip seperti ketika kita akan mendapatkan menstruasi, perhatikan baik-baik,agar jangan salah mengartikan menstruasi dan hamil. Jika Anda masih penasaran, apakah apakah Anda sedang hamil,sebaiknya memperhatikan ciri-ciri berikut ini :

Terjadinya pembengkakan pada payudara
Terjadinya pembengkakan terhadap payudara memang terjadi juga ketika kita akan mendapatkan menstruasi, akan tetapi pembengkakan tersebut bersifat sementara, sedangkan ketika kita memang benar hamil, maka payudara akan semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Pembengkakan payudara diakibatkan oleh hormon progesteron dan esterogen, yang ada kaitannya dengan rahim. Selain itu payudara juga akan semakin lembut,dan semakin sensitif ketika disentuh, beberapa payudara akan merasa nyeri ketika disentuh ada pula yang merasa gatal.

Daerah aelora atau puting susu juga akan membesar, dan warnanya akan semakin gelap, pada beberapa kasus pembuluh vena pada payudara akan semakin terlihat, karena payudara yang semakin membesar. Pembengkakan payudara terjadi karena payudara tengah mempersiapkan hormon Human Placental Lactogen atau disingkat menjadi HPL. Hormon tersebut berfungsi untuk memproduksi ASI.

Terjadinya flek atau bercak darah, dan kram perut
Ketika muncul flek atau bercak darah, maka kita akan berasumsi bahwa kita akan mendapatkan menstruasi, padahal itu termasuk ke dalam ciri-ciri wanita hamil, flek akan timbul karena telah terjadi ovulasi di dalam rahim, biasanya sekitar 8-10 hari. Flek tersebut timbul karena proses implementasi atau menempelnya embio dinding rahim.

Selain terjadiya flek, ciri lainnya adalah sering terjadi kram perut kram perut terjadi, karena proses penyesuaian perut dengan benda asing, dan hal itu akan sering terjadi seiring terjadi sampai pada trisemester kedua, dimana letak uterus tepat berada di tengah dan disangga dengan baik oleh panggul.

Sering merasa mual dan bahkan muntah
Ini adalah hal yang paling banyak terjadi ketika seorang wanita sedang hamil, atau kita dapat menyebutnya sebagai morning sickness. Hampir 50% wanita hamil akan mengalai kondisi seperti ini, ada yang mengalaminya secara wajar,bahkan ada yang harus bedrest. Rasa mual terjadi karena meningkatnya hormon Human Chorionic Gonadotrophin atau HCG secara tiba-tiba di dalam aliran darah.

Selain dalam darah hormon ini juga meningkat pada saluran kencing, itulah mengapa alat pendeteksi kehamilan atau test peck menggunakan air seni. Dengan testpeck maka kadar hormon HCG akan diukur, jika terjadi peningkatan maka itu adalah salah satu tanda bahwa Anda sedang hamil.

Meningkatnya hormon ini akan membuat perih lapisan perut, itulah sebabnya mengapa kita sering merasa mual bahkan ingin muntah. Rasa mual ini akan berangsur hilang ketika memasuki kehamilan pada trisemester kedua.

Jika terus terjadi mungkin sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan atau bidan yang yang Anda tunjuk. Biasanya morning sicknessakan terjadi pada pagi hari, namun pada kenyataanya beberapa wanita mendapatkan gejala ini pada siang, sore atau bahkan malam hari, terutama ketika mencium wangi tertentu.

Sering buang air kecil
Ciri-ciri wanita hamil yang mungkin dapat kita rasakan segera adalah sering buang air kecil. Kondisi ini terjadi ketika janin menekan kandung kemih, peningkatnya sirkulasi aliran darah, dan hormon kehamilan. Kandung kemih akan terasa penuh dengan cepat, sehingga kita harus sering buag air kecil. Ketika Anda mendapatkan jegala seperti ini sebaiknya jangan pernah menahan untuk tidak buang air kecil, atau membatasi air minum atau makanan tertentu,agar kita tidak mengalami dehirasi.

Sering merasa pusing atau sakit kepala
Hal Sering merasa pusing atau sakit kepala adalah kondisi yang sering dirasakan oleh kebanyakan wanita hamil. Hal itu terjadi karena rasa lapar, tekanan darah berkurang, rasa mual, dan banyak hal lain.

Ada beberapa wanita yang mengalami darah tinggi ketika sedang hamil, dan beberapa lainnya menderita darah rendah, dan itu akan mengakibatkan wanita tersebut sering pusing secara mendadak. Ketikamendapatkan gejala seperti itu, sebaiknya konsumsi makanan yang dapat menambah sel darah merah, seperti hati, kacang-kacangan, dll.

Sering merasa lelah
Gejala lainnya yang paling sering terjadi adalah sering merasa lelah atau mengantuk. Kondisi ini terjadi pada trisemester pertama, dimana terjadi banyak perubahan homonal, dan juga bertambahnya kinerja beberapa organ vital seperti, jantung, paru-paru,dll.

Perubahan ini terjadi karena tubuh Ibu akan berusaha mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan. Janin juga membutuhkan nutrisi dan energi yang besar agar dapat tumbuh, berkembang dengan baik, dan sehat.

Seiring dengan beralanya waktu, ketika perut Ibu semakin membesar, maka kinerja beberapa hormon dan organ vitaljuga akan semakin besar, maka dari itu,mengkonsumsi makanan sehar,disertai istirahat yang cukup akan membantu sang ibu selalu dalam kondisi yang sehat.

Sembelit
Ada kalanya sembelit terjadi ketika awal kehamilan, kondisi ini terjadi karena meningkatnya hormon progesteron, hormon ini berfungsi untuk mengendurkan otot rahim,dan juga mengendurkan otot dinding usus, sehingga beberapa wanita sering merasa sembelit, atau susah buang air besar. Selain efek negatif.ada pula efek positif yaitu nutrisi terserap secara sempurna.

Sering meludah (hipersalivasi)
Meningkatnya hormon estrogen juga akan mempengaruhi tanda kehamilan, kondisi ini terjadi pada kehamilan trimester pertama, kita akan sering meludah, karena mulut terasa sangat tidak enak. Kondisi ini akan menghilang ketika seorang wanita memasuki kehamilan trisemester kedua. Mungkin ada baiknya jika Anda mengkonsumsi sesuatu yang enak seperti permen jahe, itu akan sedikit meredam air liur Anda.

Naiknya temperatur basal tubuh
Ketika seorang wanita hamil, maka suhu tubuh akan naik, kondisi ini akan terjadi selama proses kehamilan, suhu tubuh akan kembali turun, ketika proses persalinan selesai. Suhu tubuh Ibu meningkat karena berusaha meningkatkan imun tubuh dan menangkal radikal bebas.

Tidak semua wanita mendapatkan tanda-tanda yang sama, dan menggunakan test pack juga tidak menunjukkan 100% akurat. Jika Anda mendapatkan ciri,ciri seperti diatas,mungkin sebaiknya Anda berhati-hati ketika melakukan segala sesuatu. Sedikit kecerobohan akan mengakibatkan penyesalan yang mendalam, seperti cacat pada janin atau keguguran.

Jika Anda merasa sedang hamil, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan atau bidan yang Anda percaya. Bagi beberapa wanita mendapatkan kehamilan mungkin sulit, tetapi menjaga kehamilan lebih sulit lagi. Maka ketika Anda mendapatkan ciri-ciri wanita hamil, perhatikan kondisi tubuh Anda dengan baik, agar janin dalam tubuh Anda terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *