Home / Asi / 4 Jenis Jamu Pelancar Asi

4 Jenis Jamu Pelancar Asi

Jamu pelancar ASI penting untuk diketahui oleh kaum ibu, utamanya yang baru saja melahirkan. Menjadi seorang ibu adalah amanah sehingga anda juga harus menjaga si buah hati dengan baik yaitu dengan memberinya makanan terbaik di usianya yang masih bayi. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi karena di dalamnya mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan bayi.

Selain itu, ASI juga mengandung zat kekebalan tubuh sehingga bayi juga menjadi lebih kuat dan tidak rentan terkena penyakit. Keinginan untuk memberikan ASI terkadang terhambat karena ASI tidak lancar yang disebabkan ole banyak faktor. Untuk itu, seorang ibu juga perlu mengonsumsi suplemen, jamu dan makanan lain yang berkhasiat untuk melancarkan ASI.

Jamu alami pelancar ASI

Untuk bisa mengonsumsi jamu pelancar ASI, anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar atau bisa juga dengan membeli suplemen yang sudah dalam bentuk produk. Alternatif lainnya, anda juga bisa membeli jamu yang sudah dalam bentuk kemasan sehingga lebih memudahkan anda. Berikut adalah beberapa jamu untuk melancarkan ASI yang bisa anda buat sendiri dirumah.

  1. Jamu pala asam

Jamu ini berbahan dasar pala dan juga asam. Untuk membuat jamu pala asam ini, anda perlu menyiapkan bahan- bahannya terlebih dahulu yang terdiri dari biji pala (1 ruas jari), buah asam, kayu manis sekitar ½ jari, mungsi sebanyak 1 sendok teh, ketumbar sebanyak 1 sendok teh dan ditambah dengan 2 gelas air.

Cuci bersih bahan- bahan tersebut kemudian rebus dengan 2 gelas air yang sudah anda siapkan. Setelah itu, masukkan juga gula dan juga asam dan rebuslah hingga mendidih. Setelah air tersisa kurang lebih 1 gelas kemudian saringlah. Anda dapat minum jamu ini dengan teratur untuk melancarkan ASI.

  1. Jamu temulawak

Selain jamu pala asam, jamu lainnya yang dapat anda buat sendiri untuk melancarkan ASI yaitu jamu temulawak. Temulawak memang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa bahan- bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat jamu ini antara lain; temulawak 1 rimpang, daun pegagan, kunyit sekitar 3 rimpang, kencur juga 3 rimpang, teh adas dan juga mungsi 1 sendok teh.

Cuci bersih semua bahan- bahan tersebut kemudian haluskan dengan ditumbuk. Berilah air matang sekitar 2 gelas, kemudian peras dan saring air perasannya. Pada jamu ini, anda dapat menambahkan jeruk nipis dan juga gula aren untuk menambah cita rasa. Jamu ini dapat dikonsumsi satu minggu setelah anda melahirkan sehingga ASI akan melimpah.

  1. Jamu daun pepaya

Daun pepaya juga berkhasiat untuk memperlancar ASI. Anda cukup menyediakan beberapa bahan- bahannya yaitu daun pepaya, daun kecipir dan daun ketela rambat. Agar rasanya lebih enak, anda cukup merebus semua bahan- bahan tersebut sehingga menjadi kulupan. Anda bisa mengonsumsi kulupan tersebut dengan rutin untuk memperoleh ASI yang melimpah.

  1. Jamu daun jinten

Selain 3 jenis jamu yang sudah disebutkan di atas, jamu lainnya yang juga berkhasiat untuk melancarkan ASI yaitu jamu daun jinten. Anda perlu menyiapkan daun jinten segar kurang lebih sebanyaj 25 gram, biji ketapang 5 gram dan juga madu sekitar 1 sendok makan. Setelah dicuci bersih, tumbuklah bahan- bahan tersebut, kemudian tambahkan dengan air putih matang lalu saring sarinya. Kemudian, anda dapat menambahkan madu pada sari tersebut.

Buah- buahan untuk pelancar ASI

Selain mengonsumsi jamu- jamu alami yang sudah disebutkan di atas, anda juga dapat mengonsumsi buah- buahan yang berkhasiat untuk melancarkan ASI. Buah- buahan sangat baik untuk kesehatan, terlebih untuk ibu menyusui untuk mendukung nutrisinya. Beberapa buah- buahan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah- buahan yang mengandung asam folat tinggi. Dengan demikian, ibu hamil dan menyusui sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi alpukat karena dapat memasok kebutuhan akan asam folat hngga 30%. Selain asam folat, alpukat juga mengandung vitamin lainnya yaitu zat besi, vitamin A, B, C, kalsium dan juga fosfor.

  1. Pisang

Selain alpukat, buah- buahan lain yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui yaitu pisang. Kebutuhan potasium saat menyusui maupun saat hamil sangat tinggi. Potasium berfungsi untuk menyeimbangkan cairan serta reaksi elektrolisis yang ada di dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan potasium ini, anda dapat mengonsumsi buah pisang karena buah ini termasuk dalam kategori buah yang mengandung potasium tinggi. Anda dapat mengonsumsi buah pisang sebanyak 4 buah dalam sehari atau jika tidak memungkinkan, anda juga dapat memperoleh kandungan potasium dari makanan lainnya.

  1. Kelapa muda

Tidak hanya alpukan dan pisang saja, kelapa muda juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kelapa muda dapat anda konsumsi tidak hanya airnya saja, namun juga dagingnya karena daging tersebut yang dapat menambah produksi ASI. Selain bagus untuk penambah ASI, kelapa muda juga dapat mencegah ibu dan buah hati dari anemia karena buah ini tinggi zat besi. Sementara pada air kelapa muda mengandung elektrolit tinggi yang dapat menjaga ibu tetap bugar dan tidak mengalami dehidrasi.

  1. Strawberi

Buah lainnya yang bagus dikonsumsi oleh ibu menyususi yaitu strawberi. Buah ini mengandung vitamin C dan juga kandungan airnya tinggi. mengonsumsi buah strawberi ini dapat mencukupi kebutuhan vitamin C sekitar 120 miligram bagi ibu menyusui. Karena kandungan airnya tinggi, maka hal ini juga dapat mencegah dehidrasi. Produksi ASI akan menurun jika seorang ibu kekurangan cairan. Untuk itu, buah strawberi dapat menjadi salah satu solusinya.

Tips lainnya untuk melancarkan ASI

Minum jamu saja tidak cukup untuk menjadikan ASI ibu melimpah. Ada hal- hal lain yang perlu dilakukan agar usaha anda menjadi maksimal. Pada dasarnya jamu hanyalah pemicu, yang terpenting adalah anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur bayam, daun katuk, ikan- ikanan, buah- buahan seperti yang direkomendasikan di atas, dll. Intinya, nutrisi seorang ibu harus bagus agar ASI lancar. Selain itu, anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut.

  1. Usahakan untuk menyusui bayi sesering mungkin. Sekalipun pada waktu malam, anda harus berusaha bangun untuk menyusui bayi anda.
  2. Tidak menggunakan BH yang terlalu ketat karena hal ini mempengaruhi keluarnya ASI.
  3. Melakukan senam. Hal ini dapat anda lakukan sejak saat hamil.
  4. Pijat payudara. Anda dapat melakukan pijatan- pijatan ringan pada payudara sehingga payudara lebih relaks dan merangsang keluarnya ASI.
  5. Menjaga kebersihan payudara. Seorang ibu harus selalu memperhatikan kebersihan area payudara, terutama di bagian puting agar tidak ada kotoran yang menghambat keluarnya ASI. Selain itu, menjaga kebersihan payudara juga untuk menjaga kesehatan bayi.
  6. Priksakan diri ke dokter atau bidan untuk memperoleh saran terbaik terkait produksi ASI anda.

Itulah beberapa hal terkait apa saja yang perlu dilakukan untuk melancarkan ASI. Semuanya harus seimbang, makanan bergizi, perlakuan yang baik pada payudara dan juga mengonsumsi jamu sebagai pendukungnya.

Check Also

9 Cara Memperlancar ASI

Bagi Anda yang saat ini bingung bagaimana cara memperlancar ASI atau juga ingin menambah ASi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *