3 Mafaat Buah Apel Yang Luar Biasa

Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata buah yang satu ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Buah apel sendiri terbagai dalam beberapa jenis, yaitu red delicius, fuji jingle, golden delicius, gala, granny smith, manalagi dan malang. Tidaknya jenisnya yang banyak, tetapi manfaat buah apel juga sangat banyak. Ada 3 (tiga) manfaat buah apel secara garis besar, yaitu untuk kesehatan, kecantikan dan kecerdasan.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Ternyata buah yang enak ini juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah apel yang dikonsumsi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu dengan meningkatkan sistem imun tubuh atau daya tahan tubuh. Hal ini karena apel mengandung vitamin C serta zat anti oksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat menjaga tubuh Anda untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Jenis apel yang memiliki zat anti oksidan tinggi adalah apel yang kulitnya berwarna merah.

2. Mencegah penyakit kanker

Apel juga bisa dijadikan sebagai salah satu makan alami yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah apel memiliki sifat anti kanker. Bagian kulitnya juga memiliki senyawa yang dapat membunuh sel-sel kanker. Bahkan menurut penelitian, buah ini dapat menurunkan resiko kanker sampai 23 persen. Oleh karena itu, jika Anda mengkonsumsi buah apel, sebaiknya konsumsi beserta kulitnya. Karena kulit ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Di dalam tubuh kita terdapat 2 (dua) jenis kolesterol yang diserap, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Dengan mengkonsumsi buah apel, maka kadar kolesterol jahat akan menurun, karena buah apel ini akan melebihkan penyerapan kolesterol baik, sehingga secara tidak langsung kadar kolesterol jahat Anda akan menurun.

4. Detoksifikasi

Detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh. Buah apel yang dikonsumsi dapat membantu membuang racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun ini berasal dari makan dan minuman yang dikonsumsi. Jika tidak dibuang, racun tersebut akan mengendap di dalam tubuh dan akan merusak fungsi hati, selnjutnya bisa menimbulkan komplikasi atau menyebabkan kerusakan organ tubuh lainnya.

5. Mencegah wasir

Apel merupakan saah satu buah yang memiliki serat cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk mencegah wasir. Meskipun wasir tidak termasuk dalam kategori penyakit berbahaya, akan tetapi penyakit ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan adanya pembengkakan pada pembuluh darah karena tekanan yang membebani bagian panggul dan dubur.

6. Mencegah batu empedu

Munculnya penyakit batu empedu desebabkan oleh kolesterol yang menumpuk di empedu. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini, maka seseorang harus menurunkan kadar kolesterol, caranya adalah dengan mengkonsumsi buah apel untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Mengendalikan gula darah

Ternyata buah apel memiliki manfaat dalam mengendalikan kadar gula dara, sehingga mampu menurunkan resiko seseorang terkena diabetes hingga 28 persen. Hal ini dikarenakan apel mampu menangkal radikal bebas yang terkandung di dalam oksigen yang bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

8. Mencegah katarak

Menurut penelitian, buah apel dapat menurunkan resiko seseorang mengalami kerusakan mata, seperti katarak. Hal ini dikarenakan buah apel mengandung zat anti oksidan yang tinggi. Sehingga, dengan menjadikan buah apel sebagai makanan yang biasa dikonsumsi, maka resiko Anda terkena katarak berkurang 15 persen.

9. Mengobati asma

Buah apel bisa menjadi salah satu buah yang dapat mengobati penyakit asma, karena buah ini mengandung fitokimia serta polifenol yang berfungsi mengobati penyakit asma. Terlebih jika dikonsumsi oleh anak-anak dengan penyakit asma, maka hal ini akan lebih cepat sembuh.

10. Mencegah pikun atau alzheimer

Alzheimer atau pikun tidak hanya menyerang orang dengan usia senja, tetapi juga bisa datang lebih awal. Alzheimer atau pikun adalah sebuah penyakit yang merusak sel-sel saraf pada otak sehingga meurunkan daya ingat bahkan mampu menghilangkan memeori serta respon seseorang. Buah apel bisa mencegah penyakit alzheimer karena buah apel dapat memperbaiki sel-sel saraf pada otak, sehingga sel-sel saraf ini akan tetap terjaga.

Manfaat Buah Apel Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, buah apel juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat buah apel untuk kepentingan kecantikan adalah:

1. Mengatasi kulit wajah berjerawat

Buah apel dapat membantu mengatasi kulit wajah yang berjerawat karena buah apel memiliki manfaat mengatasi minyak pada wajah sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu menjadikan buahn apel sebagai masker atau bisa juga menggunakan cuka apel untuk mengolesi wajah.

Secara tidak langsung, treatmen ini juga bisa membantu menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di wajah Anda, sehingga wajah akan lebih bersih dan lebih sehat. Selain mengatasi permasalahan kulit wajah, apel juga dapat menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan. Caranya cukup memotong buah apel tipis, dan gunakan untuk menutupi mata selama 10-20 menit. Menurunkan berat badan

Ternyata buah apel bisa menurunkan berat badan. Hal ini karena tingginya kandungan serat serta rendahnya kalori yang terdapat pada buah apel. Oleh karena itu, buah ini cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian Anda.

2. Memutihkan gigi

Mengapa apel bisa memutihkan gigi? Karena saat Anda makan buah apel itu sama dengan Anda menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi. Sehingga, buah apel bisa dijadikan sebagai salah satu cara menggosok gigi secara alami untuk mendapatkan gigi yang lebih putih.

3. Melindungi kulit kepala dan rambut

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, buah apel juga memiliki manfaat untuk kulit kepala dan rambut. seperti mengatasi kerontokan, kulit kepala kering, ketombe maupun rambut yang beruban.

4. Mencegah kanker kulit

Satu lagi manfaat buah apel untuk kesehatan sekaligus kecantikan, yaitu buah apel dapat membantu mencegah resiko terkena kanker kulit. Selain itu kandungan buah apel membuat kulit sehat dari dalam, sehingga kulit akan tampak cerah dan sehat. Hal ini karena kandungan vitamin A yang ada di dalam buah apel.

Manfaat Buah Apel Untuk Kecerdasan

Manfaat lain dari buah apel adalah untuk kecerdasan. Ternyata buah apel memiliki manfaat yang luar bisa yang berkaitan dengan otak. Selain memperbaiki sel-sel saraf sehingga dapat mencegah penyakit alzheimer atau pikun, buah apel juga dapat membantu mencerdaskan otak.

Hal inin dikarenakan di dalam buah apel terkandung zat yang bernama asetilkolin yang dapat mencerdaskan otak. Dengan manfaat tersebut, buah apel disarankan untuk dikonsumsi secara teratur, karena dapat meningkatkan daya ingat seseorang, sehingga ketika Anda membaca buku atau informasi apapun, Anda akan lebih mudah untuk mengingatnya.