Home / Manfaat Buah / 8 Manfaat Bawang Putih

8 Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih sangatlah memiliki banyak kegunaan mulai dari salah satunya adalah digunakan untuk memasak. Manfaat lainnya adalah bisa digunakan sebagai obat alami yaang sederhana dan murah.

Tetapi sebelum mengetahui apa sajakah manfaat dari bawang putih, lebih baik mengenal lebih jauh lagi apa saja zat yang terkandung dalam bawang putih yang tentunya memiliki khasiat masing – masing. Bagian lain dari bawang putih juga memiliki manfaat yang baik jika kita mengetahuinya dengan baik dan benar. Berikut adalah penjelasan tentang kandungan dari bawang putih.

Kandungan Bawang Putih

Minyak Atsiri

Bawang putih mengandung minyak atsiri dan minyak atsiri sangat banyak ditemukan di berbagai tumbuhan ataupun bahan masakan dan bawang putih memiliki kandungan ini. Minyak atsiri bisa berfungsi sebagai anti bakteri dan juga antiseptik.

Allicin dan Allin

Alicin dan alin merupakan senyawa yang berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Zat ini juga yang menjadikan aroma dari bawang putih yang aneh dan rasa harum ketika digunakan sebagai bumbu masak.

Kalsium

Kalsium ini terdapat pada bagian umbi bawang putih. Kalsium yang terkandung memiliki peran seperti obat penenang. Yaitu efek menenangkan dan sangat bagus sekali untuk penderita penyakit hipertensi.

Saltivine

Kandungan ini bermanfaat untuk mempercepat tumbuhnya sel serta jaringan pada tubuh sekaligus juga bisa membantu memperbaiki susunan sel syaraf yang ada. Sangat baik sekali apabila pada saat masa pertumbuhan untuk memaksimalkan tumbuh kembang.

Dialluysulfide

Berperan sebagai zat yang memiliki fungsi sebagai anti cacing. Makanan yang dikonsumsi tentunya bisa saja sebagai penyebab timbulnya cacing pada tubuh, dan zat ini bisa berperang untuk membasmi cacing yang ada dalam tubuh.

Protein

Asupan protein yang cukup bisa membantu tubuh dalam membangun sel yang ada sehingga bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Lemak

Tentunya lemak yang terkandung pada bagian umbi bawang putih ini merupakan lemak yang baik dan berguna untuk menambah tenaga dalam beraktivitas.

Manfaat Bawang Putih

Masih banyak kandungan yang lainnya seperti sulfur, vitamin, fosfor dan lain sebagainya yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh khususnya. Segala sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, konsumsi dari bawang putih perlu diperhatikan, jangan terlalu berlebihan karena bisa membawa pengaruh yang buruk.

Selanjutnya selain kandungan yang sudah dijelaskan, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari bawang putih. Dan berikut adalah 8 manfaat bawang putih yang harus dan wajib diketahui dengan baik, agar nantinya bisa memanfaatkan bawang putih secara maksimal.

Mengobati Flu dan Batuk

Terdapatnya kandungan sulfur, bisa berperang dalam mengobati penyakit flu dan batuk. Rasa harum dari bawang putih berasal dari sulfur, dan dalam hal ini bawang putih bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan menghilangkan lendir yang ada dalam sistem pernafasan. Selain melegakan pernafasan juga bisa membunuh virus penyebab flu dan batuk yang diderita. Tentunya ada cara yang digunakan adalah dengan merebus bawang putih bersama susu, tetapi merebus dilakukan hingga air susu terasa hangat. Kemudian setelah itu bisa langsung meminum campuran susu dan bawwang putih selagi hangat dan bisa meredakan flu dan batuk.

Kolesterol Tinggi

Kandungan dari bawang putih bisa menjadi pengobatan untuk sesorang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi yang disebabkan karena pola makan yang tidak baik. Zat allicin dan allin mengambil peran dalam hal ini. Kolesterol merupakan lemak jahat yang ada dalam tubuh yang bisa menimbulkan komplikasi penyakit lainnya seperti gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Cara untuk pengobatan kolesterol disini adalah dengan cara rajin mengkonsumsi bawang putih secara teratur sekaligus juga menjaga pola makan yang ada.

Kanker

Penyakit kanker bisa disembuhkan menggunakan bawang putih. Terutama dalam hal ini adalah kanker yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti kanker usus, perut dan lain sebagainya. Banyak juga ilmuwan yang menyebutkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur bisa memperkecil resiko terkenanya kanker. Zat organosulfida berperan aktif dalam membasmi kanker. Bisa dengan cara memotong tipis bawang putih atau menghaluskannya sebelum dimasukkan ke dalam sebuah masakkan. Lebih kecil ukuran dari bawang putih maka semakin bagus.

Kehamilan

Konsumsi bawang putih yang cukup ketika pada saat masa kehamilan bisa menjadikan resiko komplikasi berkurang dan sekaligus bermanfaat bagi kandungan yang ada di dalamnya. Biasanya banyak sekali yang tidak menyukai bawang putih, tetapi bisa juga meminum bawang putih, lebih tepatnya ekstrak bawang puith dalam kapsul. Meminum secara teratur bisa mencegah resiko – resiko kehamilan yang mungkin terjadi dan tentunya membahayakan bagi kesehatan ibu hamil.

Stamina

Stamina merupakan salah satu hal yang penting dan sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari – hari ataupun juga olahraga. Semakin kuat stamina yang dimiliki maka tentunya akan semakin bagus dan juga semakin produktif. Bawang putih bisa berperang banyak dalam meningkatkan ataupun memperbaiki stamina yang dimiliki.

Cara yang digunakan dalam memanfaatkan bawang putih cukuplah sederhana, hanya dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin yang dicampurkan kedalam sebuah masakan. Karena tentunya tidak mungkin memakan secara langsung bawang putih sehingga bisa ditambahkan kedalam masakan.

Pernafasan

Masalah pernafasan yang terganggu merupakan salah satu hal yang tentunya tidak ingin diderita. Bawang putih memiliki manfaat untuk meredakan dan mengatasi masalah pernafasan yang ada. Gangguan pada paru – paru menjadi penyebab adanya pernafasan yang tidak normal ini. Dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih secara teratur agar masalah pernafasan dapat teratasi.

Wasir

Menyembuhkan penyakit yang diderita banyak orang yaitu wasir. Banyak orang yang langsung meminum obat kimia yang ada karena dianggap lebih praktis. Tetapi obat alami yaitu bawang putih lebih memeiliki efek yang terasa.

Caranya adalah dengan membuat bawang putih menjadi halus dan setelah itu bisa dioleskan ke daerah anus yang sudah dibersihkan sebelumnya. Setelah beberapa saat bersihkan dengan air hangat dan efeknyapun akan terasa dan menjadikan penyakit wasir menghilang.

Diabetes

Kadar gula dalam darah yang tinggi menjadikan sesorang untuk menjaga asupan makanan yang masuk karena diabetes merupakan salah stu penyebab timbulnya penyakit yang lain dam merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi. Khususnya di Indonesia.

Bawang putih disini berperan untuk menangkan penyakit diabetes ataupun juga gejala diabetes. Makan makanan yang sudah dicampur dengan bawang putih menjadi solusi bagi penderita diabetes ataupun juga orang yang menderita gejala diabetes, seperti turunnya daya tahan tubuh. Penggunaan bawang putih dalam melakukan diet juga bisa berperan banyak karena zat yang terkandung di dalamnya.

Selain 8 manfaat bawang putih yang sudah disebutkan tadi, masih banyak sekali manfaat yang lainnya yang bisa diketahui lebih dalam. Baik itu melalui buku, bertanya kepada ahli gizi juga bisa membacanya melalui berbagai macam website yang ada. Demikianlah infotmasi tentang manfaat bawang putih dan semoga dapat menambah wawasan sekaligus bermanfaat.

Check Also

3 Manfaat Buah Apel Yang Luar Biasa

Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain memiliki rasa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *