13 Manfaat Buah Sirsak Yang Harus diketahui

Manfaat buah sirsak sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Buah sirsak memang memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan, sehingga buah sirsak ini sering dijadikan sebagai alternatif obat alami untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Tidak hanya buah nya saja namun daun nya pun ikut mneyimpan berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Hal itu dikarenakan sirsak mengnadung banyak zat-zat baik yang berguna bagi kesehatan.

Zat-zat yang terdapat pada sirsak diantaranya ialah air, karbohidrat (glukosa dan fruktosa), Vitamin C, fosfor dan kalsium, potassium, serat, kalium dan lemak. Yang tentunya zat-zat tersebut baik bagi kesehatan tubuh. Dengan nutrisi yang sekian banyak terdapat didalamnya, maka buah sirsak pun memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat pertama dari buah sirsak bagi tubuh yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. Buah sirsak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung banyak vitamin C yang banyak, di dalam 300 gram sirsak, terdapat sekitar 60 miligram vitamin C. itulah sebabnya mengapa sirsak dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun selain itu,vitamin C yang terdapat pada sirsak tidak hanya berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh namun juga berperan sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Maka dari itu, jika anda ingin meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit ataupun terserang penyakit dan juga ingin terlihat segar dan muda, mulailah dengan memsukkan buah sirsak kedalam list buah yang harus tersedia dirumah.

2. Menurunkan kolesterol

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk mengkonsumsi sirsak agar menurunkan kolesterol anda. Kandungan serat dalam sirsak sangat banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh sebagai penyerap kolesterol jahat. Seperti yang diketahui bahwa kolesterol jahat ini akan menyebabkan masalah pada kesehatan. Serat yangterdapat pada sirsak akan menyerap kolesterol jahat serta membuanganya, dan menyisakan kolesterol baik.

3. Mencegah kanker

Penyakit ganas seperti kanker juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi sirsak, baik itu sirsak olahan maupun sirsak yang masih segar. Mengapa demikian? Karena sirsak mengandung senyawa fitokimia yaitu Annonaceus acetogenins yang dapat menangkal virus penyebab penyakit ganas dan berbahaya seperti kanker payudara, kanker usus, dan kanker berbahaya lainnya. Konsumsilah sirsak secara teratur baik itu dalam bentuk olahan seperti jus ataupun dalam bentuk buah utuh untuk mencegah berkembangnya sel kanker.

4. Menjaga kesehatan tulang

Mengkonsumsi sirsak secara teratur, ternyata dapat menghindari penyakit osteoporosis sebab sirsak mengandung kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam meningkatkan kekuatan tulang dan menjaga kesehatannya. Selain itu, sirsak juga mengandung zat tembaga yang berperan pentingdalam penyerapan kalsium pada tulang. Dengan adanya zat tembaga ini, tulang akan lebih mudah menyerap kalsium sehingga akan menjadi kuat dan tidak mudah rapuh sehingga akan terhindar dari osteoporosis.

5. Mengontrol tekanan darah

Kandungan vitamin C dalam sirsak ternyata selain bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga bermnafaat sebagai pengontrol tekanan darah, karena vitamin C akan menambah nutisi tubuh yang berkurang sehingga akan berdampak pada lancarnya aliran darah jadi akan terhindar dari hipertensi. Untuk mencapainya, konsumsilah segelas jus sirsak secara rutin tanpa tambahan gula.

6. Mencegah anemia

Masalah anemia juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin, karena sirsak mengandung zat besi yang dipercaya dapat meredakan gejala anemia. Selain itu, sirsak juga dapat meningkatkan sel darah merah pada tubuh.

7. Mengatasi migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyakit kepala yang sangat mengganggu aktifitas apabila tiba-tiba menyerang. Untuk mengatasi penyakit migrain ini, anda dapat mengkonsumsi sirsak karena mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dapat mengatasi sakit kepala termasuk migrain.

8. Mengatasi wasir/ambeien

Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang menderita penyakit yang satu ini. Biasanya orang dengan penyakit ini selalu memerlukan obat saat wasir atau ambeien nya kambuh. Namun perlu anda ketahui bahwa wasir ini tidak hanya memerlukan obat saja,tetapi juga membutuhkan nutrisi agar cepat sembuh.

Bagaimana cara menggunakan sirsak untuk mengobati ambeien? Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyeduh buah sirsak yang sudah matang dengan air panas, lalu pisahkan buah sirsak dengan airnya, setelah itu peras buah sirsak yang tadi di seduh lalu ambillah air seduhan buah sirsak tersebut, lalu minum. Minumlah air seduhan buah sirsak tersebut dua kali dalam sehari sampai wasir yang anda derita sembuh. Setidaknya ini lebih baik dibandingkan dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

9. Mengobati bisul

Bisul meruapak satu penyakit kulit yang membuat tidak nyaman dan akan menurunkan tingkat kepercayaan diri apalagi bila bisul tersebut terletak di area tubuh yang terlihat seperti tangan atau wajah. Namun anda tidak perlu khawatir, karena buah sirsak dapat mengobati bisul.

Caranya ialah dengan memisahkan terlebih dahulu daging buah sirsak dengan bijinya, lalu ambillah daging buah sirsak tersebut dan haluskan lalu oleskan pada bisul dan biarkan beberapa menit lalu setelah itu bilas dengan air hangat ataupun air bersih biasa. Lakukanlah pengobatan ini rutin setiap hari sampai bisulnya sembuh dan menghilang.

10. Melancarkan buang air kecil

Jika anda sering mengalami masalah saat buang air kecil, maka sebaiknya mulai mengkonsumsi jus sirsak untuk melancarkan buang air kecil anda. Selain itu, mengkonsumsi jus sirsak juga dapat mengatasi haematuria atau tercampurnya sel darah putih dalam urin. Jadi silakan bagi anda yang mengalami masalah dengan buang air kecil agar mengkonsumsi jus sirsak sampai masalah yang anda derita sembuh.

11. Mengatasi diare pada bayi

Apabila bayi sedang menderita diare tentunya akan membuat orang tua khawatir dan kebingungan. Tapi tidak perlu bingung dan khawatir lagi karena diare pada bayi bisa disembuhkan tanpa menggunakan obat-obat berbahan kimia, dengan menggunakan sirsak. Caranya seduh sirsak dengan air hangat lalu peras dan ambil airnya, setelah itu berikan pada bayi sekitar dua sampai tiga sendok makan.

12. Menjaga kesehatan kulit

Setiap orang tentunya ingin memiliki kulit lembab dan bersinar. Kedua hal tersebut mudah didapatkan, caranya ialah dengan mengkonsumsi buah sirsak maupun jus sirsak, atau dengan menjadikannya masker wajah, karena sirsak mengandung vitamin C yang baik untuk kelembaban dan kesehatan kulit serta membuat kulit tampak bersinar.

13. Mencegah rambut rontok

Manfaat yang terakhir ialah untuk mencegah rambut rontok. Anda dapat mengatasi masalah rambut rontok anda dengan mengkonsumsi sirsak secara rutin, namun bagi anda yang tidak mempunyai masalah dengan rambut rontok, anda juga dapat mengkonsumsi sirsak sebagai tindak pencegahan agar terhindar dari rambut rontok.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah sirsak, hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin namun tidak berlebihan. Semoga ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah kesehatan yang anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*