8 Manfaat Mangga Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat mangga mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat, terutama di bidang kecantikan. Selama ini buah mangga hanya dikonsumsi sebagai buah segar atau cemilan pendamping di kala senggang.

Bahkan beberapa diantaranya hanya menjadikan mangga sebagai bahan utama jus ataupun salad yang dikonsumsi. Mengingat buah ini memang memiliki citarasa manis, tak salah jika akhirnya banyak orang yang berburu mangga untuk pilihan buah segar di pagi maupun sore hari.

Di Indonesia sendiri, kita mengenal beberapa jenis mangga hasil panen lokal. Sebut saja mangga indramayu, mangga apel, sampai mangga kweni yang memang sangat manis. Buah mangga sendiri sebenarnya memiliki warna kulit hijau, baik pada mangga yang telah matang ataupun belum. Perbedaannya hanya pada tekstur buah yang lebih empuk saat sudah matang sempurna. Sedangkan pada mangga yang belum matang, biasanya rasa asam lebih mendominasi dengan daging buah yang lebih keras.

Walaupun memiliki rasa asam, ternyata banyak pula yang mengincar si buah satu ini untuk pelengkap rujak. Pasalnya kandungan vitamin C di dalam buah diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat dikonsumsi.

Selain itu, serat yang terkandung pada buah mangga pun sangat baik bagi sistem metabolisme maupun pencernaan. Kandungan nutrisi sebagai manfaat buah mangga pun menjadikan si buah tropis ini kerap dicari di setiap musim maupun pada hari-hari biasanya.

Tak hanya di Indonesia memang buah tropis satu ini menjadi primadona. Hampir di seluruh belahan dunia telah menjadikannya sebagai komoditas utama yang dibudidayakan. Perkembangan teknologi pun turut mempermudah para konsumen mendapatkan ekstrak buah mangga. Di beberapa supermarket besar misalnya, sudah banyak dijajakan minuman botolan dengan ekstrak mangga. Meskipun tidak semuanya dari ekstrak mangga 100%, tetapi citarasa mangga dapat dirasakan saat Anda meneguknya.

Di samping mengandung vitamin C, nyatanya mangga kaya pula akan vitamin B, A, kalium, tembaga serta magnesium. Inilah yang mendasari mengapa mangga cocok dijadikan sebagai sumber nutrisi harian dibandingkan buah-buah impor lainnya. Manfaat mangga pun tidak sedikit, bahkan terhitung sangat banyak, seperti.

1. Penangkal kanker

Kanker masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu terbesar di dunia. Keberadaannya sendiri masih menjadi momok paling menakutkan untuk masyarakat, terutama kaum urban. Mereka yang tidak memiliki gaya hidup sehat, cenderung rentan terkena penyakit kanker. Apalagi radikal bebas yang berada di sekitar kita patut diwaspadai sebagai penyebab beragam jenis kanker. Buah mangga diketahui mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan berpotensi menangkal radikal bebas.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa mangga mengandung senyawa aktif. Senyawa-senyawa penting seperti isoquercitrin, fisetin, quercetin, methilgallat dan astragalin. Enzim yang melimpah pada buah mangga pun dapat membantu tubuh terhindar dari bahaya beragam kanker.

Beberapa kanker yang paling ditakuti, seperti prostat, leukimia, usus besar ataupun payudara. Bagi Anda yang tengah berjuang melewati kanker pun, cobalah untuk mengkonsumsi mangga dalam proses pemulihan.

2. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Anda memiliki penyakit kolesterol tinggi dan bingung untuk mengontrolnya? Cobalah untuk menambahkan buah mangga ke dalam daftar menu makanan atau buah-buahan harian. Kandungan vitamin C, pektin serta serat di dalam buah mangga terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol ke kadar normal.

Kadar kolesterol jahat dapat ditekan dan menghindarkan tubuh dari dampak negatif kolesterol tinggi. Selain itu, kandungan kalium di dalam buah mangga efektif dalam mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

3. Menjaga kesehatan organ mata

Mata merupakan salah satu organ penting di tubuh yang membantu manusia dalam beraktivitas. Memiliki penglihatan yang jelas dan tidak rabun tentu menjadi impian setiap orang di dunia. Sayangnya ada saja yang mengalami kesulitan penglihatan akibat kekurangan vitamin A.

Agar tak mengalami dampak serupa, Anda sebenarnya bisa mengambil manfaat mangga. Setidaknya mengkonsumsi 1 cangkir irisan mangga sama saja memenuhi asupan sekitar 25% vitamin A harian. Dengan begini, Anda pun terhindar dari bahaya rabun senja, mata yang sering gatal ataupun kekeringan.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Kurangnya asupan serat harian seringkali membuat seseorang mengeluhkan gangguan pada sistem pencernaan mereka. Kondisi semacam ini seharusnya tidak terjadi, jika Anda rajin mengkonsumsi buah maupun sayuran. Tetapi bagaimana kalau sebaliknya, karena Anda tak doyan mengkonsumsi sayur dan buahan? Solusinya tentu saja memilih mangga sebagai salad buah sehat sekaligus lezat.

Enzim yang terdapa dalam buah mangga mampu memecah protein dan lemak yang Anda konsumsi. Di samping itu, tingginya kandungan serat dalam mangga membantu sistem pencernaan, terutama pembuangan sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Padatnya aktivitas harian, kurangnya istirahat ditambah lagi cuaca yang tidak menentu memicu ambruknya tubuh. Tanpa kita sadari, hal ini dikokohkan pula oleh makanan tidak sehat yang selalu dikonsumsi. Guna mengatasi hal tersebut, cobalah Anda mengkonsumsi mangga yang mengandung 25 jenis karotenoid, vitamin A dan C. Inilah yang menjadikan mangga terbukti efektif meningkatkan sistem kekbelan tubuh atau imun.

6. Membantu program diet

Anda tengah berjuang menurunkan berat badan berlebih yang mengganggu penampilan? Sudah mencoba beragam program diet namun gagal? Cobalah konsumsi manfaat mangga yang diketahui mampu menurunkan berat badan berlebih.

Seperti yang kita ketahui, buah mangga kaya akan serat dan vitamin yang membuat kita kenyang lebih lama. Rasa kenyang yang bertahan lama semacam ini menjadikan Anda tidak mudah lapar dan menekan keinginan Anda untuk mengkonsumsi beragam jenis makanan tidak sehat.

7. Menekan efek samping diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis memang masih menjadi momok paling menakutkan bagi masyarakat. Terutama mereka yang memiliki riwayat dan silsilah keluarga penderita diabetes, pastinya harus lebih berhati-hati dalam menjalankan pola hidup. Melenceng sedikit, bukan tidak mungkin kesehatan mereka pun terancam drop dan diabetes semakin parah.

Untuk mengatasi penyakit diabetes, sebenarnya Anda bisa mencoba mengkonsumsi air rebusan daun mangga. Setidaknya ambil 5 – 6 daun yang telah direndam semalaman dan saring keesokan paginya. Mengkonsumsi air rendaman daun mangga bisa mengontrol kadar insulin di dalam tubuh penderita.

8. Menutrisi kulit Anda

Sudahkah Anda menjaga kesehatan kulit dan menutrisinya dari dalam? Jika belum, cobalah untuk mulai memperhatikan kesehatan kulit dan kecantikan, tak hanya dari luar tetapi dalam pula. Menjaga kesehatan kulit tak perlu mengeluarkan biaya mahal, cukup mencoba resep tradisional. Salah satunya adalah buah mangga yang baik dikonsumsi untuk mengatasi beragam keluhan kulit.

Hal ini dikarenakan mengkonsumsi buah mangga mampu mengeluarkan kotoran yang menghambat pori-pori kulit. Kotoran yang menjadi penyebab jerawat pun terbersihkan dengan sempurna dan masalah jerawat di kulit Anda tidak mengganggu penampilan. Cara ini terbilang mudah dan murah, sebab tidak mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan manfaat mangga.