8 Buah Untuk Memperlancar Asi

Air susu ibu merupakan kebutuhan pokok bagi bayi. Yang mana makanan pada saat mereka masih berusia di bawah 2 tahun adalah asi. Kandungan air susu ibu yang baik merupakan cerminan dari pola makan yang baik oleh para ibu. Oleh karena itu untuk para ibu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan khususnya ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui.

Supaya air susu yang dikeluarkan banyak mengandung gizi yang baik untuk tumbuh kembang si buah hati. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar seorang ibu dapat menghasilkan asi yang baik diantaranya adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Alasan kenapa buah dan sayur itu penting karena kandungan vitamin dan serat itulah yang membuat asi menjadi bergizi bagi si buah hati.

Sekarang kita akan membahas sepuluh buah untuk memperlancar asi agar para ibu dapat memetik pelajaran dan dapat mempraktekannya diantaranya adalah :

Buah Pepaya

Buah pepaya sangat sering kita jumpai pada toko buah atau tukang sayur yang lewat. Buah ini tergolong buah yang mudah didapatkan apalagi tidak tergantung pada musim-musim tertentu untuk memperolehnya. Kandungan vitamin A dan C nya serta banyak mengandung asam folat dan kalium. Hal ini sangat membantu sekali untuk para ibu dalam memperlancar asi.

Khususnya kandungan kaliumnya yang akan membantu para ibu dalam memproduksi air susu. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah ini secara rutin agar asi menjadi lancar. Dan tidak Anda tidak perlu khawatir karena buah ini murah harganya.

Semangka

Semangka menjadi salah satu buah yang dapat memperlancar asi. Hal itu dikarenakan buah ini sedikit banyak hampir mirip dengan buah Pepaya yang banyak mengandung vitamin A dan C. dan asam folat dan kalium. Akan tetapi tidak hanya itu saja. Buah semangka banyak sekali mengandung air. Yang mana untuk ibu hamil atau menyusui mereka paling tidak harus minum delapan gelas per harinya supaya asupan cairan yang masuk ke tubuh mereka cukup.

Oleh karena itulah apabila mereka sering mengkonsumsi buah semangka paling tidak mereka telah memberikan asupan cairan dari buah ini. Buah ini juga tidak terlalu sulit untuk di cari karena hampir di setiap toko buah menyediakan Semangka. Untuk harganya pun relatif masih terjangkau.

Jambu Air

Kita telah mengetahui bahwa jambu air sangat enak sekali untuk di konsumsi karena apabila kita mengkonsumsi akan terasa segar sekali karena banyak kandungan airnya dan juga manis rasanya hampir sama seperti semangka. Kandungan vitamin A dan C. dan kalsium, fosfor dan Zat besi. Kandungan Vitamin A nya ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi.

Kandungan airnya juga banyak sekali manfaatnya untuk sang buah hati supaya memberikan rasa tenang dan nyaman. Untuk ibu yang baru saja melahirkan apabila mengkonsumsi buah ini akan menurunkan tingkat tekanan setelah melahirkan yang mana akan membantu menjadi kestabilan mood bagi para ibu.

Labu siam

Buah labu siam sangat berguna sekali untuk memperlancar asi bagi para ibu. Memang tidak terlalu familiar sekali akan tetapi khasiatnya tidak kalah ampuh dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Kandungan vitaminnya pun sangat beragam diantaranya adalah vitamin A, Vitamin K, zink, dan B6, kalium dan Magnesium. Tidak lupa juga kandungan asam folatnya pun dapat membantu para ibu dalam pembentukan hemoglobin dalam perkembangan pada jaringan tubuh si buah hati.

Jeruk

Buah jeruk tidak hanya baik untuk tubuh kita saja karena kandungan vitamin C nya yang tinggi akan tetapi untuk para ibu hamil dan menyusui Jeruk juga sangat bagus sekali untuk memperlancar asi. Dan akan membuat kandungan di dalam asi tersebut menjadi penuh dengan gizi. Selain vitamin C.

Buah jeruk juga mempunyai kandungan lainnya diantaranya adalah vitamin B1,2,3,5,6, zat besi dan asam folat. Yang mana asam folat tersebut sangat baik sekali untuk menambah nutrisi dalam perkembangan bayi. Kandungan anti oksidannya sangat baik sekali untuk menangkal radikal bebas yang ada di sekitar ibu menyusui supaya tidak terkena.

Buah Alpukat

Buah alpukat juga menjadi salah satu buah yang disarankan untuk memperlancar asi bagi para ibu. Hampir tiga puluh persen kandungan asam folatnya bagus untuk menambah nutrisi pada asi dan untuk tubuh kembang si buah hati.

Akan tetapi kandungan lemaknya memang cukup tinggi yang akan membuat para ibu bisa menjadi tetap gemuk. Biasanya untuk para ibu mereka cenderung untuk sesegera mungkin menurunkan berat badannya agar kembali ke bentuk semula.

Maka dari mereka lebih sering menghindari buah ini agar tidak tambah gemuk. Akan tetapi sebenarnya kandungan lemaknya itu baik sekali untuk menurunkan kolesterol jahat. Yang mana sangat buruk bagi tubuh. Akan tetapi mereka kurang paham akan hal tersebut.

Selain asam folat buah alpukat terdapat banyak vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, B, dan C. cobalah untuk para ibu yang tidak khawatir akan bentuk tubuh sering mengkonsumsi buah ini supaya asi Anda menjadi lancar dan bergizi tinggi supaya anak Anda menjadi sehat dan kuat.

Buah Blueberi

Buah ini cenderung jarang para ibu mengkonsumsinya karena tidak semua toko buah menyediakan buah ini. Namun bagi Anda para ibu yang menyukai buah bisa dipastikan asi Anda akan lancar sekali. Tidak hanya itu saja kandungan anti oksidannya pun sangat tinggi yang mana akan sangat membantu sekali untuk si buah hati terhindar dari infeksi apapun.

Selain itu kandungan vitaminnya pun beragam dari vitamin C, dan K dan kalsium serta potasium. Untuk Anda yang menginginkannya bisa ditemukan pada supermarket-supermarket besar yang ada di kota Anda.

Strawberi

Buah ini juga kaya sekali manfaatnya untuk ibu menyusui yang mana akan membantu sekali memperlancar asi. Kandungan vitamin C nya pun mencapai seratus dua puluh milligram yang mana itu bagus sekali untuk ibu menyusui dalam memproduksi asi. Selain itu kandungan airnya pun sangat banyak sekali supaya para ibu tidak akan mengalami dehidrasi.

Banyak sekali para ibu yang kencang dalam memberikan asi ke buah hatinya akan tetapi mereka jarang minum air putih. Oleh sebab itulah mereka sering mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Apabila kalian menyukai buah ini makan Anda tidak perlu khawatir karena buah ini banyak mengandung air.

Itulah beberapa macam buah yang dapat membantu para ibu menyusui dalam memperlancar asi. Tentu tidak susah bukan untuk mendapatkan buah-buah tersebut. Karena hampir semuanya mudah kita dapatkan di sekitar kita. Dan tidak lupa pula untuk menjaga pola makan yang baik. seperti banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dengan didampingi oleh buah-buah tersebut supaya asi menjadi lancar dan mengandung gizi yang baik untuk si buah hati.