Home / Asi / 9 Cara Memperlancar ASI

9 Cara Memperlancar ASI

Bagi Anda yang saat ini bingung bagaimana cara memperlancar ASI atau juga ingin menambah ASi, maka ini akan menjadi ulasan yang paling tepat. Seperti diketahui bersama ASI adalah nutrisi penting bagi bayi, apabila jumlah ASI yang diproduksi kurang banyak, secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi itu sendiri. Untuk mengatasi masalah sepeti ini Anda tidak perlu bingung. Berikut ini adalah beberapa langkah atau metoda praktis yang dapat Anda gunakan untuk memperlancar ASI, antara lain :

  • Mengkonsumsi makanan pelancar ASI

Untuk memperbanyak atau melancarkan ASI, maka Anda harus mengkonsumsi aneka makanan yang dapat memelancarkan produksi ASI itu sendiri. Adapun beberapa makanan yang dapat mempelancar ASI, antara lain :

– Mengkonsumsi buah pare / paria

Buah yang satu ini memiliki beberapa zat khusus yang dapat memperlancar ASi, caranya buah pare / paria ini, Anda kukus, hingga matang, kemudian dikonsumsi sebagai lalaban, atau Anda dapat membuatnya menjadi tumisan.

– Pepaya

Pepaya juga mengandung beberapa zat yang dapat memperlancar ASI, Anda dapat mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang atau buah pepaya yang masih mengkal. Untuk buah pepaya yang sudah matang, cara mengkonsumsinya bisa dalam bentuk jus atau dikonsumsi secara langsung. Sedangkan buah pepaya yang masih mengkal, dapat dikonsumsi dengan cara direbus, atau juga ditumis.

– Mengkonsumsi kurma

Kurma juga mengandung beberapa zat yang dapat memperlancar serta memperbanyak ASI. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau dikonsumsi secara langsung.

– Mengkonsumsi sayuran berwarna hijau

Mengkonsumsi aneka sayuran berwarna hijau secara rutin, juga dapat Anda lakukan untuk memperbanyak produksi ASI. Jenis sayuarn yang dimaksud, antara lain, bayam, brokoli, dll. Jenis sayuran tersebut memiliki beberapa vitamin, mineral serta nutrisi lainnya, yang pastinya baik untuk kesehatan Anda dan juga bayi.

Ada aneka makanan yang dapat melancarkan produksi ASI, ada juga aneka makanan yang dapat menurunkan produksi ASI. Jenis makanan tersebut bukan tidak boleh dikonsumsi, namun sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit. Adapun beberapa makanan yang dapat mengurangi produksi ASI, antara lain peppermint, sage, peterseli dan juga kubis.

  • Melakukan pijat laktasi

Cara memperlancar ASI berikutnya adalah dengan melakukan pijat laktasi. Teknik melakukannya cukup sederhana, Anda hanya perlu memijat area payudara. Berikan pijatan ringan disekeliling payudara, akan lebih baik jika diberi kompres air hangat. Pijit ke arah aleora, fungsinya agar aleora jadi lebih lentur. Teknik ini sebaiknya dilakukan pada kedua payudara secara bergiliran, hasilnya aliran ASI menjadi lancar, dan payudara jadi tidak tegang.

  • Sering menyusui atau memerah ASI

Cara memperlancar ASI yang ketiga adalah dengan sering menyusui atau memerah ASI. Jadi ketika Anda semakin sering menyusui, atau memerah ASI, maka beberapa hormon yang bertugas untuk memproduksi ASI akan semakin terangsang. Teknik yang satu ini sebaiknya dilakukan per 3 jam sekali.

  • Hindari stress

Ketika seseorang mengalami stress, berbagai sistem hormon jadi tidak stabil, termasuk ketika seorang ibu mengalami stress, maka jumlah ASI akan berkurang. Hal ini lebih disebabkan karena seluruh kinerja tubuh akan bertumpu atau terpusat pada stress itu sendiri, ini yang membuat produksi ASI mengalami penurunan. Jadi, seorang ibu yang sedang menyusui, ada baiknya menghindari stress.

  • Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Untuk memperlancar ASI, Anda juga perlu mengkonsumsi aneka makanan yang bergizi, agar ASI yang dihasilkan semakin baik dan bernutrisi. Anda dapat mengkonsumsi aneka protein yang mengandung omega 3, DHA atau yang lainnya. Seimbangkan pula dengan berbagai kandungan serat, agar sistem pencernaan di tubuh ibu dan bayi jadi lebih terjaga.

  • Mengkonsumsi cukup cairan

Perhatikan juga konsumsi cairan, semakin banyak ASI yang dikeluarkan, maka Anda juga perlu mengganti cairan tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengkonsumsi cairan dengan jumlah yang sama. Pastikan minuman yang dikonsumsi bernutrisi, selain mengkonsumsi air mineral, anda juga sebaiknya mengkosnumsi susu, jus buah dan sayur, atau mengkonsumsi minuman lainnya.

  • Mengkonsumsi temulawak

Ini adalah salah satu ramuan yang dapat Anda konsumsi secara rutin, untuk memperbanyak ASI. Cara membuat minuman ini tidak terlalu sulit. Ada 2 cara memperbanyak ASI menggunakan bahan temulawak tersebut, yaitu :

– Bahan yang perlu dipersiapkan, antara lain ½ ruas jari temulawak, gula aren, dan 2 gelas air. Adapun cara membuatnya adalah, cuci bersih temulawak, kupas, kemudian parut, atau Anda dapat memblendernya. Ambil hanya sari temulawaknya saja, kemudian campur dengan air panas, dan juga gula aren. Minuman ini dapat Anda konsumsi secara teratur.

– Bahan yang perlu dipersiapkan adalah 1 ruas jari temulawak, dan juga asam jawa secukupnya. Temulawak, dikupas dan cuci bersih. Parut, lalu ambil hanya sarinya. Campurkan air perasan temulawak dengan air panas dan juga asam jawa. Kemudian tunggu selama 15 menit, dan konsumsi minuman tersebut hingga habis dan secara rutin.

  • Mengkonsumsi kunyit

Rimpang yang satu ini memang sudah sejak lama dikelan sebagai bahan obat, yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Di dunia kecantikan, bahan yang satu ini dikenal dapat menutrisi kulit dengan baik. Itu sebabnya tidak heran, jika rimpang tersebut, terbukti ampuh untuk memperlancar dan memperbanyak ASI.

Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan dari kunyit ini adalah dengan mempersiapkan

2 ruas jari kunyit, 2 gelas air matang dan gula aren secukupnya. Untuk membuat ramuan tersebut, Anda harus mencuci bersih kunyit dan mengupasnya, kemudian parut, lalu rebus bersama 2 gelas air. Biarkan air hingga tersisa 1 gelas, kemudikan angkat, lalu saring. Untuk menambah rasa, gunakan gula aren secukupnya. Anda sebaiknya mengkonsumsi minuman ini setiap pagi secara rutin.

  • Menggunakan kencur

Cara memperlancar ASI yang terakhir adalah dengan menggunakan rimpang kencur. Kencur juga salah satu jenis rimpang yang kaya akan kandungan dan juga nutrisi. Rimpang yang satu ini sering digunakan sebagai saah satu bumbu masak, aneka obat hebal, dan hal lainnya. Untuk Anda yang mempunyai masalah dengan kuantitas ASI, tentu dapat menggunakan rimpang yang satu ini.

Bahan yang perlu Anda siapkan antara lain 2 g kencur, 5 btg rumput jarum, 10 g daun pegagan, 3 g temu hitam, 1 btg nanas muda, 5 g temu giring, dan garam secukupnya. Sedangkan cara membuatnya, cuci bersih seluruh bahan yang telah disebutkan. Untuk bahan kunyit dan kencur, setelah dicuci bersih, kemudian kupas. Parut kedua bahan tersebut hingga halus.

Untuk bahan daun pegagan, rumput jarum, dan nanas muda Anda tumbuk hingga halus. Terakhir satukan semua bahan yang ada, kemudikan aduk hingga rata, terkecuali jeruk nipis dan garam. Terakhir tambahkan air panas, Anda saring, dan peras ramuan tersebut. Air perasan ramuan tersebut, sebaiknya 1 gelas, kemudian berikan perasan jeruk nipis, dan garam secukupnya. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Ada baiknya sebelum sarapan pagi, sehari sekali.

Check Also

8 Buah Untuk Memperlancar Asi

Air susu ibu merupakan kebutuhan pokok bagi bayi. Yang mana makanan pada saat mereka masih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *