5 Makanan Untuk Memperbanyak ASI Yang Paling Sering Dikonsumsi

Makanan untuk memperbanyak asi harus anda pilih dan klasifikasikan dengan baik dan benar agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan sang ibu nantinya. Belakangan ini sangat banyak berbagai macam jenis penyakit baru yang muncul serta menyerang individu meski jumlah yang dikonsumsinya tidaklah berlebihan.

Hal ini perlu diperhatikan oleh sang ibu yang sedang menyusui dikarenakan apabila anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak baik, bukan hanya anda saja yang merasakan dampak buruk terhadap kesehatan namun sang bayi juga. Pada usia 0-7 bulan, sang bayi memang tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman apapun layaknya orang dewasa melainkan asi atau dikenal dengan istilah air susu ibu.

Meski tak banyak sang ibu yang kini hanya memberikan susu formula kepada anaknya, tahukah anda bahwasanya untuk menciptakan generasi penerus yang smart dan sehat, sang bayi hanya membutuhkan asi sebagai asupan makanan yang kaya nutrisi serta gizi. Maka tak heran jika banyak anda temukan anak balita atau yang sudah mencapai umur 5 tahun yang memiliki berat badan yang berlebihan alias obesitas.

Salah satu penyebabnya dipercaya karena sang anak dulunya hanya mengkonsumsi susu formula tanpa asupan asi sedikitpun. Pada usia sang bayi yang masih dalam masa pemberian asi eksklusif, sebaiknya memang sang ibu memberikan waktu yang super maksimal kepada anaknya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti yang sudah terjadi.

Apabila anda menjadi salah satu orang tua yang mengalami kesulitan dalam produksi asi setiap harinya, sebelum memutuskan untuk konsultasikan dengan dokter akan lebih baik jika anda mengetahui apa penyebab yang membuat anda sulit menghasilkan asi seperti ibu lainnya. Karena anda jauh lebih mengetahui tentang tubuh anda daripada orang lain.

Hal dasar yang perlu anda perhatikan jika mengalami masalah yang serupa ini yakni jangan langsung panik dan down. Karena mood atau mental anda yang buruk akan berpengaruh secara buruk pula terhadap kondisi sang bayi. Anda harus tenang dan tetap optimis dengan terus mencoba serta tumbuhkan keyakinan pada diri anda bahwasanya anda pasti bisa memproduksi asi yang banyak.

Karena menurut beberapa penelitian, kondisi dimana sang ibu tidak mampu menghasilkan asi dalam jumlah yang cukup dikarenakan beberapa faktor yang mungkin dimiliki salah satu bahkan lebih. Pertama anda bisa memperhatikan kapasitas payudara anda, jika sebelum melahirkan dan sesudah melahirkan tidak mengalami perubahan yang signifikan maka bisa jadi hal tersebut memiliki beberapa faktor yang menghalanginya.

Keadaan stress dan tertekan bisa juga menjadi salah satu penyebab anda tidak mampu menghasilkan asi dalam jumlah yang dibutuhkan sang bayi. Karena keadaan mood anda akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh yang bekerja lebih aktif.

Penyebab kedua bisa jadi karena pengaruh tahapan. Saat kehamilan anda akan memasuki minggu ke 16 biasanya produksi asi di dalam payudara sudah bekerja dengan maksimal. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan mengalami tahapan bisa menyebabkan kinerjanya melambat dan mengalami penurunan drastis.

Keadaan ini biasanya ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada payudara. Jika keadaan ini anda alami, sebaiknya jangan langsung diatasi dengan cara pompa payudara karena bisa menyebabkan rasa sakit yang lebih. Penyebab lain diketahui karena adanya suatu riwayat penyakit sejak lama seperti yang kita ketahui sangat memiliki pengaruh dengan proses pemberian asi yakni kanker payudara.

Biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan berdampak langsung pada proses pemberian asi atau produksi yang mampu dihasilkan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa anda bisa mendapatkan keajaiban dari Tuhan jika terus berusaha dan mencoba semaksimal mungkin. Namun meski anda tetap ragu dan ingin mencari solusi yang tepat anda bisa langsung bertanya kepada dokter spesialis mengenai dampak dan alternatif yang bisa anda pilih.

Kekurangan asupan gizi dan nutrisi yang baik pun bisa menyebabkan seseorang kekurangan produksi asi yang banyak. Anda harus menghindari keadaan stress yang berlebihan, konsumsi makanan yang tidak tepat serta ikuti semua pantangan yang disarankan orang sekitar maupun dokter.

Jika beberapa penyebab di atas anda alami lebih dari satu, langkah yang bisa anda ambil sangat baik jika dengan menjaga dan memilih jenis makanan yang tepat untuk membantu proses yang lebih cepat. Beragam makanan yang bisa anda konsumsi untuk memperlancar produksi asi kini juga harus anda pilih-pilih. Jangan sampai untuk mengobati satu hal ternyata menimbulkan hal lain yang tidak diinginkan. Beberapa makanan yang direkomendasi untuk di coba sebagai berikut:

Kacang almond

Untuk konsumsi kacang ini sangat disarankan untuk meraciknya dengan cara sendiri dari kacang mentahnya. Jangan pula anda memakan kacang almond yang sudah disajikan dalam bentuk makanan yang tidak sehat. Kacang almond mentah mengandung kalsium yang dipercaya sangat baik untuk memperlancar asi. Konsumsinya bisa anda coba dengan merebus lalu dimakan dalam jumlah yang cukup serta tidak berlebihan.

Buah pepaya

Buah ini memiliki nilai vitamin sebanyak 50% dan kalium sebesar 33% jika dibandingkan nilainya dengan buah jeruk yang dikenal kaya akan vitamin C. Rutinkan konsumsi buah pepaya untuk menghindari depresi, karena keadaan ini sangat berpengaruh buruk terhadap kelancaran asi. Asi sebenarnya dihasilkan karena hormon yang bekerja di dalam tubuh sangat baik. Maka dari itu, ketika sang ibu mengalami depresi secara tidak langsung produksi asi akan terganggu.

Sayur bayam

Dalam memilih sayuran bayam yang kini sangat banyak tersedia di pasar, anda akan sulit memilih mana sayur yang tidak mengandung pestisida. Jika merasa ragu, coba anda beli sayuran bayam yang memang langsung dari ladang atau kebunnya. Karena meski sayur bayam mampu memperlancar asi apabila dikonsumsi yang berasal dari sayuran dengan campuran bahan kimia maka akan lebih berbahaya ke depannya.

Buah semangka

Sangat masuk akal jika buah ini dikatakan mampu memperlancar produksi asi pada ibu menyusui. Buah ini kaya akan kandungan air dan vitamin A sehingga termasuk ke dalam salah satu buah untuk memperlancar produksi asi. Kadar air yang terdapat di dalam buah ini pun mampu berperan sebagai penambahan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi sebagai pengganti air mineral.

Daun katuk

Daun yang satu ini memang sudah terkenal sebagai manfaatnya untuk memperlancar asi sejak beberapa puluh bahkan ratusan tahun yang lalu. Banyak orang tua terdahulu yang sudah membuktikan khasiatnya. Daun katuk mengandung kalium, fosfor, protein, dan lainnya yang bisa di olah dalam bentuk sajian sayur bening yang ditambah dengan jagung. Manfaat ini juga sudah dibuktikan oleh Sa’roni dalam penelitiannya bahwa setelah mengkonsumsi daun katuk, sebanyak 50% produksi asi menjadi meningkat.

Meski sudah mengkonsumsi ke lima jenis makanan di atas, jika tidak anda barengi dengan usaha dan keyakinan yang kuat maka hasilnya bisa saja tidak maksimal.