Home / Manfaat Buah / 10 Manfaat Kayu Manis

10 Manfaat Kayu Manis

Tidak banyak yang mengetahui manfaat kayu manis dalam kehidupan sehari – hari. Kebanyakan orang mengetahui kayu manis ini adalah teman dari cengkeh. Dan bahan – bahan dapur ini biasanya menjadi sangat terkenal pada saat pembuatan kue. Karena bahan – bahan ini sangat sering dijadikan hiasan ataupun penambah aroma yang sedap pada saat membuat kue.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Bahan – bahan alami yang berasal dari bumi ini tentu memiliki manfaat. Seperti halnya dengan kayu manis. Kayu manis yang biasa menjadi hiasan kue ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kayu manis yang bisa dirasakan untuk tubuh.

1. Mengendalikan Gula Darah

Kayu manis memiliki kandungan anti oksidan yang mampu membantu mengendalikan kadar gula darah. Kayu manis ini juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan sesudah makan. Kayu manis juga mampu membantu pasien diabetes tipe 2 dalam memperbaiki respon insulin. Dengan kayu manis sejumlah 1 gram saja dapat menurunkan kadar gula darah.

2. Sebagai Anti Infeksi

Kandungan di dalam kayu manis ini sangat bermanfaat. Di dalamnya ada komponen anti infeksi yang bersifat natural. Di dalam banyak penelitian, kayu manis ini mampu menghilangkan bakteri H.Pylori yang bisa menyebabkan penyakit maag secara efektif. Dan juga dapat menghilangkan bakteri lainnya yang dapat menyebabkan suatu penyakit.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Aroma yang terdapat pada kayu manis dapat meningkatkan proses kognitif seseorang. Dengan mencium aroma yang terdapat pada kayu manis ini diketahui dapat meningkatkan kemampuan aktivitas otak. Bahkan hal ini juga dapat membantu dalam hal mengingat, berkonsentrasi, dan membuat kemampuan bekerja pda program komputer lebih cepat.

4. Dapat Menurunkan Kolesterol

Kandungan di dalam satu gram kayu manis ini mampu menurunkan kolesterol buruk maupun kolesterol total. Kandungan di dalam kayu manis yang lain adalah serat, kalsium, dan banyak kandungan mineral seperti mangan. Kandungan ini juga sangat cocok untuk membantu kesehatan pencernaan.

5. Dapat Menjadi Penghangat

Kayu manis ini juga digunakan oleh pengobatan tradisional China. Kayu manis ini biasa digunakan untuk pasien yang terkena influenza ataupun demam. Karena kayu manis ini dipercaya mengandung zat yang dapat membuat keadaan tubuh menjadi lebih hangat dan terasa nyaman.

6. Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Kandungan minyak yang berada di dalam kayu manis ini dapat mencegah darah supaya tidak terjadi penggumpalan. Karena kayu manis ini mengeluarkan asam lemak anti – peradangan yang juga disebut Arachidonic. Kandungan asam lemak ini yang akan mengurangi radang dan menjaga darah supaya tidak menggumpal.

7. Mengurangi Rasa Sakit Pada Penderita Rematik

Pada saat rematik, penderitanya mungkin akan merasa sakit pada bagian tubuhnya. Kayu manis ini dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik ini. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kayu manis ini juga dapat mengurangi sitokin yaitu protein – protein kecil yang berfungsi sebagai pengatur imunitas dan mediator, hematopoesis, inflamasi yang bisa menyebabkan penyakit rematik.

8. Menjadi Obat Serbaguna

Kandungan di dalam kayu manis ini bisa berfungsi sebagai pengawet makanan yang alami. Kandungan kalsium, serat dan zat besi juga mangan ini mempu mengurangi nyeri pada saat hair atau pada saat melahirkan secara efektif. Kayu manis ini juga memiliki kandungan alami yang mampu menyeimbangkan hormon. Kandungan ini dapat mengurangi hormon testosteron dan meningkatkan hormon progesteron yang ada pada diri wanita.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang terdapat di dalam kayu manis mampu mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL ini merupakan kolesterol jahat. Dengan berkurangnya kolesterol jahat pada tubuh juga berarti mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

10. Mengurangi Peradangan Kronis

Berdasarkan penelitian kayu manis ini menawarkan perawatan terhadap berbagai penyakit. Penelitian ini menunjukkan bahwa kayu manis mampu mengurangi peradangan kronis yang terdapat pada gangguan neurologis yang berupa meningitis, azheimer, parkinson, maupun multiplesclerosis.

Manfaat Kayu Manis Untuk Menurunkan Berat Badan

Kayu manis yang merupakan rempah – rempah ini juga bisa dijadikan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Kandungan di dalam kayu manis ini mampu mengendalikan kadar gula di dalam darah. Sehingga hal ini membantu tubuh memecah gula dan mampu mencegah gula -gula ini beralih menjadi lemak secara efisien. Untuk membuat kayu manis ini menjadi resep spesial untuk menurunkan berat badan, simak carany berikut ini.

  • Siapkan bahan – bahan dan peralatannya terlebih dahulu. Bahan – bahannya ini adalah bubuk kayu manis, satu gelas, wadah yang berisi air mendidih dan madu.
  • Untuk membuatnya, setengah sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh masu diaduk di dalam gelas.
  • Tambahkan air panas yang mendidih dan sudah disiapkan sebelumnya.
  • Tutup gelas tersebut dan kemudian biarkan campuran tersebut selama kurang lebih setengah jam.
  • Setelah itu, aduk campuran yang tadi telah didiamkan. Kemudian, saring ampas yang ada di dalam gelas.
  • Untuk cara penggunaannya campuran kayu manis dan madu ini dapat dikonsumsi sebelum sarapan pada saat perut sedang kosong. Cukup minum setengah gelasnya, kemudian setengahnya lagi diminum pada saat sebelum tidur. Boleh dipanaskan terlebih dahulu, ataupun langsung diminum. Semua itu tergantung selera masing – masing.

Selain bisa digunakan sebagai penurun berat badan, masih banyak lagi kegunaan kayu manis dalam kegiatan sehari – hari. Kayu manis ini juga bisa terasa sangat nikmat dengan mencampurkannya dengan konsumsi makanan sehari – hari. Seperti dalam konsumsi roti sebagai sarapan. Kita bisa menambahkan kayu manis di atas roti bakar.

Taburan ini selain memberikan aroma yang enak tentu akan menambah rasa lezat roti panggang. Bahkan kayu manis ini juga bisa digunakan untuk taburan di atas secangkir teh herbal, secangkir kopi, bahkan semangkuk sereal.

Untuk menikmati khasiat dari kayu manis ini ada baiknya dengan memilih kayu manis yang segar. Selain itu, ada juga bentuk olahan lain yang berasal dari kayu manis. Kapsul – kapsul yang mengandung bahan kayu manis ini juga banyak beredar di pasaran. Dan kapsul yang berbahan kayu manis ini bisa menjadi suplemen untuk melangsingkan tubuh.

Efek Samping Dari Kayu Manis

Pada umumnya, kayu manis ini tidak memiliki efek samping. Penggunaan kayu manis ini bisa membuat mulut menjadi iritasi dan bibir menjadi luka. Dan untuk beberapa orang, kejadian ini bisa menyebabkan reaksi alergi. Apabila diaplikasikan ke pada kulit, kayu manis dapat menyebabkan iritasi dan juga kemerahan. Konsumsi kayu manis yang berlebihan ini bisa membuat kemungkinan beracun.

Karena kayu manis mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Penderita diabetes ini juga perlu menyesuaikan obat yang dikonsumsinya apabila menggunakan kayu manis. Karena belum ada bukti yang menunjukkan keamanan kayu manis dalam pengobatan.

Maka, penggunaan kayu manis ini sebaiknya dijauhkan dari ibu yang sedang hami ataupun menyusui dan juga anak – anak. Sebaiknya, pengobatan apapun yang sedang dilakukan lebih baik dikonsultasikan dulu pada dokter apabila ingin mengonsumsi kayu manis.

Check Also

11 Manfaat Tomat Bagi Tubuh

Manfaat tomat sangat beragam dan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan, tomat juga bermanfaat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *