Home / Manfaat Buah / 10 Manfaat Lemon untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantkan Alami

10 Manfaat Lemon untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantkan Alami

Tahukah Anda apa saja manfaat lemon untuk menjaga kesehatan dan kecantikan alami yang sebaiknya diketahui? Banyak orang yang mengetahui bahwa manfaat lemon memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami. Hal ini diketahui dari banyaknya nutrisi yang ada didalam buah lemon ini.

Disebabkan kandungan yang sangat banyak ini buah lemon menjadi salah satu campuran dalam masakan. Walaupun rasanya asam namun buah ini begitu banyak disukai oleh penikmatnya karena manfaat dari buah lemon itu sendiri. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat lemon untuk menjaga kesehatan dan kecantikan alami untuk tubuh Anda.

10 Manfaat lemon untuk menjaga kesehatan dan kecantikan alami yaitu

Membantu pencernaan menjadi lancar

Apabila Anda mengalami kesulitan ketika buang air besar disaat pagi hari. Sehingga mengakibatkan adanya timbunan lemak pada perut. Salah satu bahan yang cocok untuk membantu melancarkan gerak peristaltik pada perut adalah dengan buah lemon. Caranya cukup mudah yaitu Anda bisa membuatnya menjadi jus segar yang dikonsumsi sebelum makanan pagi.

Namun apabila Anda menderita sakit maag sebaiknya makan pagi dikonsumsi setelah sarapan. Tujuannya agar tidak menyebabkan luka pada lambung. Konsumsi buah lemon saat asam lambung naik maka akan dapat membantu dalam meringankan rasa mual. Akan tetapi perhatikan informasi ini bahwa buah lemon ini tidak bisa dicampurkan pada susu.

Menstabilkan penyakit darah tinggi

Pada saat seseorang mengalami penyakit darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah lemon ini. Kandungan buah lemon yang sangat bermanfaat dalam menstabilkan darah tinggi adalah kalium. Kandungan ini terdapat juga pada buah pisang yang biasanya dikonsumsi oleh para atlet.

Apabila Anda mengkonsumsi buah lemon maka akan membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi, mual dan juga pusing. Apabila Anda mengkonsumsinya secara rutin dalam memberikan ketenangan dalam pikiran dan juga tubuh. Dengan demikian apabila tekanan darah tinggi dapat distabilkan juga dapat menghindari dari penyakit jantung. Hal ini karena penmcetus penyakit jantung adalah darah tinggi.

Mengobati sakit tenggorokan

Apabila Anda mengalami sakit tenggorokan berupa radang atau pun batuk. Maka ada baiknya jangan selalu membiasakan diri dengan mengkonsumsi obat dari dokter. Mulailah untuk menggunakan pengobatan alami dengan menggunakan buah lemon. Caranya sangat mudah hanya dengan memeras buah lemon dan tambahkan dengan kecap. Konsumsi setiap pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengobatan. Apabila Anda mengalami sakit maag konsumsi setelah makan agar tidak memicu terjadinya penyakit ini.

Hentikan pendarahan

Ketika Anda mengalami pendarahan pada hidung maka bisa dihentikan menggunakan perasan jeruk lemon. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan memeras jeruk lemon taruh didalam wadah. Celupkan kapas pada jeruk lemon dan oleskan pada bagian hidung yang mengalami pendarahan. Dengan demikian maka akan menghentikan pendarahan yang ada pada hidung dengan menggunakan perasan lemon tadi.

Menjaga kesehatan mulut

Apabila Anda ingin merawat kesehatan mulut tak perlu ke dokter. Untuk perawatan ringan misalnya saja apabila ingin menjadikan gigi tampak lebih putih, mengobati sakit pada gigi dan menghilangkan bau mulut. Caranya cukup mudah mulai dari menggunakan air perasan lemon dengan baking soda untuk memutihkan gigi dan perasan jeruk lemon untuk mengatasi gigi yang sakit serta menghilangkan bau mulut. Dengan cara tersebut akan membantu dalam menjaga kesehatan mulut menjadi lebih sehat dan optimal.

Detoksifikasi

Anda dapat menggunakan buah lemon untuk dapat menjalani detoksifikasi terhadap racun yang ada didalam tubuh. Detoksifikasi racun yang ada didalam tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jus lemon dengan rutin. Selain dapat membuang racun berupa lemak dan membersihkan darah yang ada didalam tubuh.

Maka jus lemon dapat dijadikan sebagai bahan untuk zat anti kanker dan pertumbuhan tumor yang berbahaya. Sehingga dapat dikatakan bahwa jus lemon merupakan salah satu bahan yang maksimal dalam membersihkan tubuh dari segala macam racun yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya racun tersebut masuk ke dalam tubuh melalui berbagai macam makanan dan juga minuman yang biasanya dikonsumsi..

Vitamin C dan berat badan

Anda akan dengan mudah mendapatkan vitamin C untuk dapat menghilangkan lemak guna mendapatkan berat badan ideal dan juga merawat kecantikan. Vitamin C biasa digunakan untuk merawat kecantikan misalnya saja pada kulit akan dapat digunakan sebagai masker. Masker yang digunakan pada tubuh akan dapat membuat kulit menjadi tampak lebih cerah.

Sedangkan pada wajah akan dapat menghilangkan berbagai masalah kulit wajah. Masalah kulit wajah yang biasanya terjadi adalah komedo, jerawat, wajah berminyak dan flek hitam. Semua masalah tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan air perasan jeruk lemon.

Kulit kering pada tumit dan lutut

Anda tentunya pernah merasakan kulit kering baik tumit atau lutut. Biasanya apabila kulit kering pada tumit akan terasa pecah-pecah sedangkan pada lutut akan dirasakan tampak lebih gelap. Namun banyak dari kita tak mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah ini. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggosokkan potongan jeruk lemon pada tumit atau lutut yang hitam.

Diamkan hingga air jeruk lemon meresap dan Anda tidak perlu membilasnya. Lakukan cara ini setiap hari dan pastikan ketika mengoleskan potongan jeruk lemon tersebut Anda dalam keadaan santai. Sehingga air jeruk lemon akan meresap dengan sempurna.

Merapatkan pori-pori wajah

Apabila Anda mengalami pori-pori wajah yang cukup besar dan sangat mengganggu penampilan. Anda dapat mengatasinya menggunakan air jeruk lemon yang sangat multi fungsi. Caranya sangat mudah hanya dengan memotong jeruk lemon tersebut dan masukkan ke dalam freezer. Diamkan beberapa saat dan jadikan masker perasan jeruk lemon tersebut saat siang hari yang panas.

Tentunya hal ini akan membuat wajah Anda mnenjadi lebih nyaman dan segar. Anda bisa membersihkan dengan air apabila dirasakan sudah meresap dengan maksimal ke dalam kulit. Yang perlu untuk diperhatikan adalah Anda dapat menggunakan cara ini dengan lebih maksimal beberapa kali dan jangan sampai lebih dari satu minggu.

Menghilangkan ketombe

Banyak orang menghilangkan ketombe dengan shampho atau menggunakan obat kimia. Namun tahukah Anda bahwa menggunakan bahan alami yang kita jumpai tiap harinya bisa menjadi pilihan. Selain lebih aman menghilangkan ketombe dengan air jeruk nipis juga lebih hemat karena merupakan salah satu bahan yang ada didapur rumah Anda.

Caranya sangat mudah yaitu memeras air jeruk lemon dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut hingga lima belas menit. Bilas dengan air dan juga condisioner rambut yang cocok untuk kulit kepala Anda. Apabila Anda menjalaninya selama beberapa kali tentunya akan mendapatkan hasil berupa ketombe hilang tanpa bekas.

Check Also

3 Manfaat Buah Apel Yang Luar Biasa

Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain memiliki rasa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *