13 Manfaat Buah Pepaya Untuk Tubuh

Manfaat buah pepaya sangatlah banyak. Buah ini selain enak untuk dimakan karena rasanya manis juga nyatanya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kondisi tubuh kita. Buah pepaya memiliki nama ilmiah Carica papaya merupakan jenis tanaman yang tumbuh dengan suburnya di area beriklim tropis.

Pepaya diperkirakan berdaerah asal negara Meksiko bagian selatan dan negara Paman Sam bagian utara dan saat ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Buah pepaya dapat dimakan sebagai penunda lapar dan bisa sebagai sarana pengobatan sebab mempunyai banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Daging buahnya yang lembut sangat berguna dalam melancarkan buang air besar pada berbagai kasus sembelit sebab buah pepaya sangat mudah untuk dicerna.

Kandungan Buah Pepaya

Orang yang rutin mengkonsumsi buah pepaya sering merasakan kehidupan yang lebih sehat. Hal ini karena berbagai kandungannya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Di bawah ini merupakan kandungan-kandungan nutrisi yang terdapat pada satu buah pepaya dalam ukuran berapapun.

  • Retinol
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C
  • Niasin
  • Kalsium
  • Kalori
  • Zat besi
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Riboflavin
  • Protein
  • Lemak

Kegunaan Pepaya

Hampir seluruh jenis vitamin terdapat dalam pepaya, maka akan terbilang mustahil jika buah ini tak berguna dalam kondisi tubuh kita. Untuk lebih jauh mengetahui hal ini, Anda dapat mengetahui kegunaan-kegunaan pepaya untuk kesehatan kita sebagai berikut.

1. Kulit menjadi sehat

Pepaya memiliki fungsi aktif bagi kecantikan ataupun kondisi kebugaran tubuh yang salah satu contohnya ialah untuk melembabkan serta membuat permukaan kulit menjadi tampak cerah serta lembab. Manfaat tadi disebabkan oleh buah pepaya yang kaya akan vitamin A, C, dan E.

2. Membuat penis menjadi lebih besar

Buah pepaya mengandung enzim arginine yang memiliki kemampuan sebagai pendongkrak aliran darah di daerah penis. Enzim arginine menguatkan produksi asam nitrat (HNO3) di dalam tubuh dengan tujuan membuat rileks otot-otot di area pembuluh darah penis dank arena hal tersebut penis pria akan menjadi lebih besar secara signifikan yang berjalan seiring dengan banyaknya arginine yang dikonsumsi oleh kita.

3. Membuat sistem pencernaan menjadi lebih optimal

Pepaya telah diketahui mampu membuat buang air besar menjadi lebih lancar. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan serat yang sangat tinggi dalam pepaya bisa diserap secara sempurna oleh usus-usus tubuh. Di lain sisi, kandungan antioksidan dalam buah pepaya dapat membuat sisa-sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh yang berada dalam usus dikeluarkan melalui anus dalam proses ekskresi.

4. Mengurangi resiko kerukan pada mata

Apabila Anda merupakan salah satu orang yang dalam beraktivitas sering sekali berhadapan dengan layar handphone atau laptop, dengan memenuhi kebutuhan vitamin A akan menjaga mata tetap dalam kondisi sehat dan prima. Vitamin A sangat banyak sekali terkandung dalam daging buah pepaya. Konsumsi pepaya dengan rutin pada saat-saat tertentu, yakni saat sesudah makan dan pada saat waktu senggang selama beraktivitas. Dengan cara itu, resiko mata rusak menjadi dapat diminimalkan.

5. Penolak radikal bebas

Dampak buruk dari tubuh yang mengalami radikal bebas ialah permukaan kulit menjadi terkena berbagai masalah seperti keriput. Oleh karena itu, apabila Anda tidak ingin mengalami penuaan pada kulit di usia produktif, disarankan untuk rajin dan rutin mengkonsumsi buah pepaya yang memiliki antioksidan yang tinggi dan berperan sebagai penangkal timbulnya radikal bebas.

6. Mengobati bekas gigitan ular yang berbisa

Jika Anda digigt ular yang berbisa, hendaknya perlu untuk menanganinya secara khusus dan perlu sesegera mungkin untuk mengobatinya supaya bisa dari ular tersebut tidak meluas ke seluruh tubuh. Anda dapat menangani hal tersebut dengan cara mengambil sekitar 5 ruas akar tanaman pepaya, cuci dengan air bersih, tumbuk akar pepaya tersebut hingga halus, kemudian oleskan ramuan ini ke kulit yang terkena gigitan ular dan diakhiri dengan membalutkan kain pada area itu dang anti setiap dua kali sesudah mandi.

7. Mengobati kulit yang melepuh

Jika Anda terkena luka bakar atau terkena panas dari knalpot dan mengakibatkan kulit Anda melepuh, dapat mengaplikasikan ramuan ini sebagai pertolongan pertamanya. Ambilah kulit dari pepaya, kemudian peras dan ambil getahnya. Getah tadi segera oleskan pada permukaan kulit yang melepuh dengan rata, lalu biarkan selama sehari penuh. Jika kulit yang terkena luka bakar tadi terlampau lebar, manfaatkan daging pepaya dengan cara ditumbuk hingga halus untuk penanganan kulit yang melepuh.

8. Mengobati sakit demam ataupun malaria

Biah pepaya ternyata bisa juga sebagai penawar dalam penyakit demam ataupun malaria. Caranya dengan mengambil satu lembar daun pepaya, kemudian tumbuk hingga halus dan kira-kira memenuhi setengah gelas kecil. Langkah selanjutnya, tuang air hingga hampir penuh, dan tambahkan garam secukupnya. Yang terakhir, peras daun pepaya yang diramu tadi dan saring airnya kemudian minum secara teratur sekitar 3 kali dalam satu hari. Cara ini dapat Anda aplikasikan 5 hari secara berurutan dan rasakan hasilnya.

9. Menambah nafsu makan anak

Anda memiliki putra/putri yang sulit sekali dan sering tidak memiliki nafsu makan? Cobalah ramuan ini sebagai perangsang nafsu makan mereka. Caranya ialah petik satu lembar daun pepaya, cuci hingga bersih lalu lumat hingga halus menggunakan tangan. Kemudian tambahkan garam dan air secukupnya secara perlahan dan terisi sekitar seperempat gelas. Sesudah itu peraslah daun pepaya tadi. Perasan daun pepaya ini dipercaya mampu menambah nafsu makan buah hati yang Anda sayangi.

10. Sebagai obat flu

Penyakit flu merupakan penyakit yang sepertinya ringan namun sangat mengganggu apabila Anda atau orang yang Anda sayangi sedang beraktivitas. Ternyata, ramuan dengan daun pepaya mampu mengobatinya. Caranya, petiklah sekitar 2 lembar daun pepaya yang masih muda, kemudian lumatkan dengan tangan, tuangkan air sedikit demi sedikit, lalu peras. Tambahkan sedikit garam dan minum air perasan ramuan daun pepaya ini 2 kali dalam sehari sebagai dosis untuk anak, dan sekitar 4 hingga 5 kali untuk orang yang sudah dewasa.

11. Sebagai obat untuk sakit gigi

Ada lagu dangdut yang liriknya, “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Akan tetapi, nyatanya sakit gigi bisa sangat mengganggu kegiatan rutin kita. Sakit gigi seringkali menyerang orang dewasa. Anda dapat mengobatinya secara alami dengan cara ramuan dari daun pepaya. Caranya cukup melalui menetes getah dari daun pepaya yang masih muda dengan memakai kapas. Aplikasikan cara ini sampai seluruh bakteri mati dan sakit gigi yang Anda alami hilang.

12. Meningkatkan system imun tubuh

Konsumsi buah pepaya secara teratur dan system tubuh Anda akan meningkat. KAndungan vitamin C di buah pepaya nyatanya bisa membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

13. Mencegah serangan jantung

Buah pepaya yang sarat akan kandungan vitamin A dan antioksidan mampu untuk mencegah munculnya proses oksidasi kolesterol yang mampu menimbulkan serangan jantung.

Itulah 13 manfaat buah pepaya yang mampu membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar.