10 Manfaat Susu Kedelai

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat dan manfaat susu kedelai juga haruslah diketahui. Bukan hanya susu sapi saja ternyata banyak sekali manfaat yang ada pada susu kedelai yang hanya sedikit orang yang tahu dan sedikit pula orang yang mengkonsumsi susu kedelai. Sebelumnya lebih baih mengenal lebih baik apakah itu susu kedelai.

Susu kedelai adalah salah satu minuman yang dibuat dari kacang kedelai dan lebih disebut sebagai susu kacang. Memiliki warna yang agak kekuningan menjadikan susu ini berbeda dari susu yang lain yang biasanya berwarna putih. Cara pembuatan susu kedelai cukup mudah, yaitu dengan cara menggiling atau menghaluskan kacang kedelai guna mengambil sari dari kedelai.

Dan selanjutnya dilakukan dengan merebus sari dari kacang kedelai. Bisa dikonsumsi langsung ataupun ditembahkan sedikit gula agar memiliki rasa manis dan tentunya tidak menhilangkan manfaat dari susu kedelai ini. Mengandung kandungan protein yang tinggi serta memiliki kandungan lemak yang rendah menjadikan susu kedelai ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengkonsumsi susu. Banyaknya kandungan yang terdapa dalam susu kedelai tentunya harus diketahui dengan baik, untuk itu penjelasan yang lebih tentunya sangat bermanfaat.

Kandungan Susu Kedelai

Kandungan susu kedelai yang beragam sangatlah bagus untuk kesehatan, tetapi konsumsi yang teratur dan tidak berlebih bisa mendatangkan manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan yang ada pada susu kedelai.

  • Protein
  • Lemak Nabati
  • Vitamin B1
  • Karbohidrat
  • Vitamin E
  • Antioksidan
  • Mineral
  • Polisakarida
  • Isoflavon
  • Asam Folat

Manfaat Susu Kedelai

Setelah menyebutkan beberapa kandungan susu kedelai, tentunya kandungan tersebut memiliki manfaat – manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut adalah 10 manfaat susu kedelai :

Susu kedelai mengandung protein yang berperan dalam membangun sel tubuh. Dianjurkan dikonsumsi pada anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan agar bisa menyerap protein secara maksimal. Dan juga bisa sebagai meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri yang menyerang.

Baik untuk kesehatan tubuh terutama kandungan lemak nabati yang membantu menambah tenaga. Mengontrol lemak jahat yang ada dalam tubuh sehingga bisa menjadikan tubuh tidak mudah lemas.sehingga dapat terhindar dari gangguan penyakit yang timbul karena asupan makanan yang masuk.

Membantu memaksimalkan reaksi yang terjadi pada tubuh sehingga menghasilkan tenaga secara maksimal. Hal ini juga terdapat pada jenis susu yang lainnya. Tetapi pada susu kedelai dirasa lebih mudah dan juga lebih murah dalam proses pembuatannya.

Sebagai sumber energi karena kandungan karbohidrat yang terdapat pada susu kedelai. Membantu melancarkan sistem pencernaan dan sekaligus mengatasi susah buang air besar. Menghindari obat kimia dan lebih memilih susu kedelai menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Vitamin E yang ada pada susu kedelai ini memiliki efek melancarkan sistem reproduksi. Baik untuk pria maupun wanita. Pada wanit bisa berguna untuk memperlancar siklus menstruasi juga bisa menjadi pencegah apabila terjadinya keguguran. Pada pria bisa bermanfaat untuk menangkal impotensi dan juga ejakulasi dini.

Antioksidan dalam susu kedelai bisa bermanfaat untuk mencegah timbulnya gangguan jantung juga sekaligus radikal bebas yang ada karena polusi udara yang semakin hari semakin parah. Membuat organ dalam tubuh bekerja secara maksimal dan menghambat timbulnya penuaan.

Selanjutnya adalah manfaat kandungan mineral untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Pertumbuhan tulang yang maksimal juga bisa dibantu dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin. Tentunya diimbangi kegiatan olahraga yang cukup.

Polisakarida yang ada pada susu kedelai bisa menjadikan kadar gula dalam tubuh menjadi normal. Karena polisakarida merupakan bagian dari glukosa yang berpengaruh baik bagi tubuh. Gula darah yang seimbang bisa menjadikan terhindar dari penyakit diabetes.

Susu kedelai mengandung isoflavon yang baik bagi tubuh. Apabila ingin meningkatkan metabolisme tubuh, susu kedelai adalah satu pilihan yang tepat dan tentunya sangat mudah untuk didapatkan dan dikonsumsi secara berkala. Selain metabolisme tubuh yang meningkat juga bisa menjaga tubuh dalam kondisi yang prima.

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah asam folat. Dan susu kedelai memiliki kandugan ini. Asam folat biasanya ditambahkan pada produk susu ibu saat hamil tetapi dengan bahan tambahan lain yang tidak maksimal dalam mencukupi asam folat yang ada. Asam folat pada susu kedelai dirasa lebih aman dan alami untuk menunjang pertumbuhan janin yang ada.

Masih banyak sekali manfaat dari susu kedelai yang ada. Mencari tahu lebih lagi baik dari internet maupun buku juga bisa dilakukan agar lebih mengenal apa saja manfaat juga kandungan dari susu kedelai. Jangan sampai hanya mengkonsumsinya karena enak tetapi juga harus mengetahui apa saja yang terkandung di dalamnya.

Banyak orang yang alergi terhadap susu sapi, sehingga melanjutkan kebiasaan untuk tidak meminum susu. Dalam hal ini susu kedelai menjadi solusi yang tepat karena terbuat dari jenis kacang – kacangan dan tidak menyebabkan alergi. Sebaliknya, susu kedelai juga bisa menyembuhkan alergi terhadap makanan atau sebagai penetralisir racun yang ada dalam tubuh.

Minum Susu Kedelai dan Hidup Sehat

Susu kedelai memang banyak sekali memiliki manfaat, tetapi jika hanya meminumnya saja tetapi tidaj dilengkapi dengan pola hidup yang sehat rasanya hal tersebut bisa dikatakan pecuma. Olahraga secara teratur bisa menjadikan manfaat susu kedelai bekerja dengan baik dan juga bisa menjadikan tubuh tetap sehat dan bugar.

Susu kedelai banyak memiliki manfaat menangkal berbagai macam penyakit yang diakibatkan karena makanan, tetapi tidak semata – mata kita memakan semua makanan yang ada tanpa harus memperhatikan kesehatan. Mengatur pola makan yang sehat bisa menjadi solusi tepat dalam menjadikan manfaat susu kedelai dan makanan yang dimakan dapat saling melengkapi dan bermanfaat pada tubuh kita.

Tidur cukup dan tidak berlebihan juga harus diatur dengan baik, karena ketika tubuh terasa lemas karena kurang tidur, ketika mengkonsumsi makanan atau meminum susu kedelai ini tidak menjadikan efek yang maksimal karena tubuh tidak meneriman sesuatu yang masuk ke dalam tubuh.

Hidup higenis juga menjadi satu usaha dalam meningkatkan kesehatan selain dengan meminum susu kedelai. Hidup yang higenis bisa menghindarkan kita dari bakteri ataupun virus yang sekarang sudah semakin berkembang dan menyebabkan penyakit yang mengganggu kesehatan.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara berkonsultasi dengan dokter tentang bagaiaman kebiasaan hidup yang sehat dan juga sekaligus bisa bertanya tentang makanan yang sehat bagi tubuh agar tubuh juga terhindar dari penyakit seperti diabetes, jantung dan penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan komplikasi dan kemaitian. Untuk itu perlu diperhatikan pola hidup yang sehat, karena kesehatan sangatlah penting untuk dijaga dan agar bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Demikian informasi tentang manfaat susu kedelai yang semoga bisa menambah wawasan dan juga bermanfaat.