Home / Manfaat Buah / 11 Manfaat Tomat Bagi Tubuh

11 Manfaat Tomat Bagi Tubuh

Manfaat tomat sangat beragam dan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan, tomat juga bermanfaat bagi kecantikan kulit, wajah dan rambut, hal itu dikarenakan kandungan dalam tomat yang sangat beragam dan memberikan efek yang baik bagi tubuh. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dari tomat untuk tubuh.

1. Baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Jika anda sering memiliki masalah dengan kulit anda, maka sebaiknya anda mulai untuk mengkonsumsi tomat. Tomat akan membantu mengatasi masalah kulit dan membuatnya sehat serta cantik. Tomat mengandung likopen yang sangat tinggi yang berkhasiat untuk membersihkan wajah dari noda.

Selain kandungan likopen yang dapat membersihkan wajah dari noda, tomat juga memiliki khasiat dan nutrisi lain, diantaranya ialah untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, mencerahkan kulit dengan kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya, merawat kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan disebabkan kandungan minyak dalam bijinya, menghilangkan jerawat karena tomat mengandung vitamin A dan C, serta asam yang dapat menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, melindungi kulit dari sinar UV, dan membantu agar tetap awet muda.

Untuk mendapatkan khasiat sehat serta cantik pada kulit, anda dapat mengkonsumsinya secara langsung ataupun dibuat jus tanpa gula. Pilihan lain ialah dengan menggosokkan tomat yang telah dipotong pada kulit serta membuat masker tomat.

2. Membantu mencegah kanker

Kandungan likopen yang terdapat dalam tomat bukan hanya bermanfaat bagi kulit saja, namun juga bermanfaat untuk membantu mencegah kanker. Likopen merupakan kandungan utama dalam tomat yang dapat mengurangi resiko kanker terutama kanker pankreas, usus, payudara serta paru-paru.

Hal itu berdasarkan studi yang telah dilakukan para ilmuwan yang terdapat pada Journal of the National Cancer Institute. Likopen merupakan antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memeprlamabat pertumbuhan sel kanker.

Anda bahakn bisa memperbanyak kandungan likopen dalam tomat dengan cara memasaknya, karena tomat yang dimasak mengandung likopen yang lebih banyak dibandingkan tomat yang mentah. Jadi mulailah konsumsi tomat untuk mencegah terjadinya kanker dalam tubuh.

3. Membantu memelihara kekuatan tulang

Manfaat selanjutnya yang akan anda dapat dari tomat ialah membantu memelihara kekuatan tulang dan gigi. Tomat mengandung kasium serta vitamin K yang berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium dan vitamin K yang terdapat pada tomat dapat menguatkan tulang dan gigi serta memperbaiki tulang dan gigi yang keropos.

Nah, jika anda mengiginkan tulang yang kuat serta gigi yang tidak keropos,maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi tomat secara rutin. Anda juga bisa memberikan tomat kepada anak agar mencegah gigi keropos yang diakibatkan jajanan yang mengandung gula seperti permen,terlebih lagi itu akan baik untuk membentuk tulang yang kuat pada anak.

4. Membantu mengurangi kerusakan yang di akibatkan oleh rokok

Sudah diketahui secara umum bahwa zat-zat yangterdapat pada rokok menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh yang berakibat timbulnya banyak penyakit. Apabila tidak segera ditangani,penyakit tersebut bisa menjadi parah bahkan sampai mematikan. Oleh karena itu, anda sebaiknya mengkonsumsi tomat untuk membantu mengurangi dan memperbaiki kerusakan yangdiakibatkan oleh zat-zat jahat pada rokok.

Tomat mengandung asam komarik dan kolorogenik yang akan melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan oleh asap rokok. Bukan berarti terus merokok dan di dampingi dengan memakan tomat akan menghilangkan bahaya rokok secara total,tetapi sedikitnya dapat membantu mengurangi kerusakan pada tubuh.

5. Mengandung antioksidan

Tomat mengandung banyak vitamin A dan C serta beta karotin di dalam tomat akan bekerja sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain vitamin A, C, serta beta karotin, tomat juga mengandung flavonoid dan zea-xanthin yang juga merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti yang diketahui bahwa radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Radikal bebas dalam darah dapat merusak sel, tentunya jika sel rusak akan berakibat buruk pada kesehatan serta kerja tubuh. Bila anda menginginkan kandungan vitamin C dalam tomat tetap utuh,maka sebaiknya konsumsi tomat yang mentah. Karena proses memasak pada tomat akan merusak kandungan vitamin C yang ada didalamnya.

6. Baik untuk rambut

Bagi anda yang sering mengalami masalah rambut seperti rambut rontok,maka tomat merupakan solusi yang baik. Kandungan vitamin A dan C pada tomat juga baik untuk kesehatan dan keindahan rambut. Selain dapat mengatasi masalah rambut rontok, manfaat lain tomat bagi rambut ialah untuk dipakai sebagai kondisioner alami, membersihkan kotoran pada rambut, menghilangkan ketombe, menghilangkan bau pada kulit kepala, menguatkan rambut, dan memancarkan kilau rambut.

Namun bagaimana cara menggunakannya? Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk utuh ataupun di jus. Selain itu, anda juga dapat menghaluskannya dan mengoleskannya pada rambut lalu diamkan sekitar 30 menit, setelah itu bilas. Itu dapat membantu mengatasi masalah rambut dan membuatnya sehat dan indah.

7. Baik untuk mata

Bukan hanya wortel saja yang dapat menyehatkan mata, tomat juga dapat menyehatkan mata. Karena kandungan vitamin A dalam tomat akan meningkatkan penglihatan serta mencegah kerabunan. Jadi bagi anda yang memiliki masalah pada penglihatan atau mata anda, jika merasa bosan dengan wortel, anda dapat mengkonsumsi tomat yang juga baik untuk mata anda.

8. Memperbanyak Asi

Tomat juga dapat membantu memperbanyak ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

9. Menurunkan berat badan

Manfaat likopen yang terdapat pada tomat juga dapat menurunkan berat badan karena kandungan likopen dalam tomat bisa memberikan rasa kenyang dan menurunkan hormon ghrelin pada tubuh yang berpengaruh terhadap nafsu makan.

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, tomat bisa menjadi menu pilihan dalam program diet anda. Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya tomat dimasak atau di jus dahulu sebelum dikonsumsi karena tomat yang dimasak akan menghasilkan lebih banyak likopen dibandingkan dengan tomat yang mentah.

10. Menjaga kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, anda dapat mengkonsumsi tomat karena dalam sepotonng tomat yang berukuran sedang, terdapat 235 mg kalium yang berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah sehingga akan membuat kerja jantung menjadi stabil. Selain itu, akan mengurangi resiko terjadinya struk.

11. Mengontrol kolesterol

Tomat juga bermanfaat sebagai pengontrol kolesterol karena mengandung vitamin B dan potassium yang efektif menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sebaiknya konsumsi tomat.

Itulah manfaat tomat yang bisa didapatkan dari tomat dan sebaiknya Anda ketahui. Tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh namun harus diingat bahwa konsumsi yang berlebihan juga akan mengakibatkan dampak yang kurang baik, jadi konsumsilah tomat secara rutin namun dalam jumlah yang tidak berlebihan agar dapat menunjang kesehatan tubuh.

Check Also

3 Manfaat Buah Apel Yang Luar Biasa

Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain memiliki rasa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *